Disdukcapil Kuningan Bakal Jemput Perekaman Langsung ke Sekolah untuk Pemilih Pemula Belum e -KTP

Disdukcapil Kuningan Bakal Jemput Perekaman Langsung ke Sekolah untuk Pemilih Pemula Belum e -KTP

PEMILIH PEMULA: Disdukcapil Kabupaten Kuningan memberikan pelayanan kepada pemilih pemula yang belum memiliki e-KTP di acara Car Free Day (CFD), Minggu (14/1).-Agus Sugiarto-Radarkuningan.com

KUNINGAN, RADARINDRAMAYU.ID  - Berdasarkan hasil pendataan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kuningan, masih terdapat 23.000 pemilih pemula yang belum mempunyai e-KTP.

Hal ini menjadi motivasi Disdukcapil melakukan perekaman secara masif agar mereka bisa berpartisipasi memberikan hak pilihnya pada Pemilu 2024 mendatang.

Kepala Disdukcapil Kuningan Yudi Nugraha mengatakan, berbagai upaya dilakukan untuk memfasilitasi para pemilih pemula tersebut bisa mendapatkan e-KTP. Selain tetap memberikan pelayanan prioritas di kantor Disdukcapil dan kecamatan, pihaknya juga melakukan jemput bola ke sekolah-sekolah dan membuka pelayanan di Car Free Day (CFD).

Menurut Yudi, total ada sekitar 23.000 pemilih pemula yang belum mempunyai e-KTP. Sehingga dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024 nanti pihaknya akan menggencarkan lagi perekaman ke sekolah-sekolah SMA/SMK/MA.

BACA JUGA:Akibat Kontak Listrik Rusak, Rumah Ludes Terbakar

BACA JUGA:Amankan 4 Pelaku, Polres Indramayu Ungkap Kasus Tawuran Remaja, 13 Orang Masih Diburu

"Selain itu kami juga punya program Dukcapil On the Street pada hari Minggu di acara Car Free Day (CFD) ini yang salah satu pelayanannya adalah perekaman e-KTP. Alhamdulillah antusias warga khususnya pemilih pemula yang datang untuk perekaman cukup banyak," papar Yudi, Minggu (14/1/2024).

Upaya jemput bola untuk perekaman e-KTP bagi pelajar ke sekolah-sekolah, lanjut dia, baru akan dimulai pada Senin (15/1/2024). Pihaknya juga telah membuat jadwal kunjungan perekaman ke SMA/SMK dan MA di seluruh Kabupaten Kuningan secara bergiliran.

"Sudah banyak sekolah yang mengajukan permohonan kegiatan pelayanan perekaman. Insya Allah semuanya akan kami akomodir secara bergilir untuk percepatan perekaman e-KTP pemilih pemula di Kabupaten Kuningan hingga saat pemilihan tanggal 14 Februari nanti," jelas Yudi.

Yudi berharap, dari upaya perekaman secara masif ini akan berdampak pada antusiasme warga berpartisipasi pada Pemilu 2024 nanti. Meski tidak menjamin semuanya bisa terlayani, namun setidaknya bisa mencakup sebagian besar kelompok pemilih pemula. (ags)

BACA JUGA:Layanan Ojol Maxim Makin Luas

BACA JUGA:Polres Indramayu Tingkatkan Patroli Hingga Pagi Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: