Hijaukan Pesisir Pantai Erkul, Polri Tanam Ribuan Mangrove

Hijaukan Pesisir Pantai Erkul, Polri Tanam Ribuan Mangrove

HIJAUKAN PESISIR ERKOL – Mensuksekan program Polri Lestarikan Negeri dengan Penghijauan Sejak Dini, Polsek Kandanghaur melaksanakan penamanan di kawasan pesisir pantai Eretan Kulon, Rabu (24/8).-KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

KANDANGHAUR, RADARINDRAMAYU.ID – Jajaran Kepolisian Resort Indramayu secara serentak melaksanakan program Polri Lestarikan Negeri dengan Penghijauan Sejak Dini.

Penanaman pohon di wilayah Polres Indramayu sendiri dipusatkan di kawasan pesisir pantai Tirta Ayu di Kecamatan Balongan, Rabu (23/8).

Diwaktu yang bersamaan, kegiatan serupa juga dilaksanakan disejumlah lokasi oleh jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) se-Kabupaten Indramayu.

Diwilayah Polsek Kandanghaur, aksi penanaman pohon mengambil tempat di daerah pesisir pantai Desa Eretan Kulon.

BACA JUGA:Polresta Cirebon Bekuk Tiga Pelaku Pembobol Minimarket, Satu Orang Masih Buron

BACA JUGA:10 Ruangan di SMPN 3 Kroya Rusak, Bupati Nina Janji Segera Diperbaiki

Kegiatan dipimpin Kapolsek Kandanghaur, Kompol Gangsar. Ikut mendampingi Camat Hatta Direja SSTP serta Danramil 1616/Kandanghaur, Kapten Inf Daryanto.

Ratusan peserta dari mulai dari anggota Polri, TNI, Satol PP, pegawai kecamatan, Kuwu, pamong desa, pelajar, Karang Taruna serta Ormas dan LSM terlibat dalam aksi penaman ribuan bibit mangrove tersebut.

Selain untuk penghijauan, dipilihnya mangrove yang tanamannya dari pohon bakau dinilai dapat melindungi pantai dari erosi.

Melindungi dataran dari hempasan ombak secara langsung serta dapat berfungsi juga sebagai satu mata rantai makanan, dimana tanaman ini berperan sebagai produsen, disukai ikan-ikan kecil dan juga kepiting.

BACA JUGA:Jadwal Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 : Perjuangan Berat Menghadapi Thailand

BACA JUGA:Dukung Program Polri Hijaukan Bumi, Polres Indramayu Tanam 4362 Pohon di Pantai Tirta Ayu

Nantinya, keberadaan hutan mangrove juga bisa dikembangkan menjadi salah satu objek wisata.

“Penanaman pohon secara serentak ini diharapkan dapat bermanfaat untuk menjaga kelestarian lingkungan dan upaya penghijauan sejak dini. Mudah-mudahan pula, aksi ini dapat mendorong kesadara masyarakat untuk menanam pohon dan merawatnya,”harap Kapolsek Kandanghaur, Kompol Gangsar.

Sebelumnya, Kapolres Indramayu AKBP M Fahri Siregar mengatakan, Polres Indramayu ikut mendukung inisiasi Polri dalam pemecahan Rekor MURI penanaman pohon terbanyak secara serentak.

Bentuk dukungan Polres Indramayu menanam sebanyak 4.362 bibit pohon. Terdiri dari berbagai jenis. Penanaman pohon juga dilaksanakan ditempat lain oleh Polsek-Polsek.


Dalam penanaman tersebut, Polres Indramayu diketahui turut dibantu oleh anggota TNI, pemerintah daerah, Pertamina, serta para aktivis pencinta lingkungan.

BACA JUGA:KPU: Nomor Urut DCS Bisa Berubah

BACA JUGA:Kayak Film Action Kejar-kejaran! Ketahuan Polisi Pelajar Diduga Akan Tawuran Lari, 4 Orang Berhasil Diamankan

Selain dalam rangka pemecahan rekor MURI, penanaman pohon ini sejalan dengan program Polri Melestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini.

Dalam aksinya, seluruh polisi dan elemen yang ikut dalam kegiatan itu menanam pohon dengan mengenakan ikat kepala merah putih. Simbol tersebut sebagai bentuk upaya memerdekakan wilayah Indramayu secara khusus dengan penghijauan. (kho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: