Kemenkes Himbau Jamaah Haji untuk Waspada Penularan MERS-CoV di Tanah Suci

Kemenkes Himbau Jamaah Haji untuk Waspada Penularan MERS-CoV di Tanah Suci

ilustrasi haji--

JAKARTA, RADARINDRAMAYU.ID - Selama menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, Kementerian Kesehatan menghimbau agar jamaah calon haji untuk waspada akan penularan penyakit Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-Cov).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan," Sampai saat ini belum ada vaksin spesifik untuk mencegah infeksi MERS-CoV, sehingga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masih efektif untuk mencegah penularannya," katanya, di Jakarta, Selas, 22 Mei 2023.

Virus MERS-CoV itu bermula dari Timur Tengah dan merupakan turunan dari Virus Corona yang dapat menyebabkan penyakit pada sistem pernapasan dan berisiko menyebabkan kematian.

Cara penularan secara langsung penyakit MERS-CoV dapat melalui kontak dengan percikan dahak atau droplet saat pasien batuk atau bersin. Sedangkan penularan tidak langsung melalui kontak dengan benda yang terkontaminasi virus.

BACA JUGA:Prediksi Timnas Indonesia vs Argentina, Menunggu Aksi Arhan Pratama Tekel Messi

BACA JUGA:KH Syaerozi Bilal Ketua FKUB Kabupaten Indramayu Periode 2023-2025

Gejala yang muncul di antaranya demam, batuk dan flu, sesak napas, komplikasi gastrointestinal atau diare serta mual dan muntah.

"Karena MERS-CoV belum memiliki vaksin, maka sangat penting bagi kita untuk lebih berhati-hati dan menjaga kesehatan tubuh," katanya.

Kunta meminta sekitar 221 ribu calon haji Indonesia yang berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini untuk menerapkan PHBS.

Upaya menghindari MERS-CoV bisa dilakukan dengan rajin cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau dengan disinfektan, pakai masker saat beraktivitas, terutama di kerumunan, tutup hidung dan mulut bila bersin dan batuk.

"Jika merasa sakit, segera konsultasi dengan petugas kesehatan. Kami berharap jamaah haji untuk terus menerapkan protokol kesehatan, menjaga kondisi tubuh dengan istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan yang bergizi. Jika tubuh sehat maka ibadah haji pun lancar," pungkasnya. (jun)

BACA JUGA:Ribuan Jamaah Ikuti Istighosah Dalam Acara Pertamina Bersholawat

BACA JUGA:Kecam Parpol Usung Kader Luar, Para Mantan Kuwu Sepakat Dukung Cawabup Pribumi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: