Dukung Program Bupati, Petani Juntikebon Tanam Sayuran dan Buah Melon di Pekarangan

Dukung Program Bupati, Petani Juntikebon Tanam Sayuran dan Buah Melon di Pekarangan

Carwila, petani asal Juntikebon Kecamatan Juntinyuat Indramayu bercocok tanaman buah melon di pekarangan.--

 INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID  — Dalam rangka menekan inflasi khususnya di Kabupaten Indramayu, petani asal Kecamatan Juntinyuat mulai memanfaatkan pekarangan rumah nya. Salah satunya menanam sejumlah tanaman sayuran untuk kebutuhan sehari-hari. 

Seperti yang dilakukan Carwila (39), petani asal Desa Juntikebon Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu. Mantan buruh migran asal Negara Taiwan ini memanfaatkan pekaranga milik anggota TNI Pelda Sudiyono untuk ditanami buah melon. 

Selain buah melon, pekarangan seluas 350 meter persegi itu juga ditanami sejumlah tanaman sayuran seperti seledri, cabe, dan berbagai tanaman sayuran lainnya. Hal ini sejalan dengan Program Bupati Nina Agustina Da’i Bachtiar yang telah mencanangkan berbagai program, salah satunya adalah program Pusat Pangan (Puspa).

Diakui Carwila, pihaknya sudah sepuluh tahun lebih bekerja di sebuah kapal penangkapan ikan di Taiwan. Dia saat itu dipercaya sebagai nahkoda kapal penangkap ikan di perairan Taiwan dan sekarang sudah beralih profesi sebagai petani di kampung halamannya. 

BACA JUGA:PT KPI RU VI Balongan Terbuka Terhadap Aspirasi Serikat Buruh

BACA JUGA:Cleaning Service yang Kembalikan Dompet Hotman Paris, Ternyata Orang Indramayu

Selain bercocok tanam padi, ayah dari Jannah (5 tahun) putri semata wayang nya itu memanfaatkan pekarangan untuk ditanami sayur mayur dan buah_buhan. 

“Idenya sih dari Ang Ono, anggota Koramil Juntinyuat yang memiliki lahan pekarangan tersebut. Saya  yang mengelola dan ditanami bibit buah melon dan tanaman sayuran lainnya”jelas Nang Wila panggilan akrab Carwila. 

Pria berparas mirip keturunan asal Pakistan itu mengaku sudah satu bulan jalan bercocok tanam dengan memanfaatkan pekarangan kosong. Dari mulai pembibitan sendiri hingga menanam dan sekarang tanaman buah melon sudah tumbuh subur.”Kalau tidak ada hambatan. Baik karena hama atau lainnya, bisa panen dua bulan ke depan,”jelasnya. 

Menurutnya, sebelum ditanami buah melon dan tanaman sayuran, pekarangan milik tiga bersaudara yaitu Wahyudin, Wachyuningsih dan Sudiyono ini sudah banyak tanaman lainnya. Di antaranya pohon rambutan, jeruk, jenis belimbing, dan jenis tanaman lainya ada di sana.”Yang jelas jenis tanaman ada di sana. Bisa dijadikan pusat pendikan anak_anak untuk mengenal jenis tanaman dan buha_buahan,”pungkasnya. (oni/dun) 

BACA JUGA:Hasil Persib Bandung vs Bhayangkara FC : Menang 2-1 dan Bertahan di Peringkat Dua

BACA JUGA:Pemkab Indramayu Targetkan untuk Percepat Turunkan Stunting

 

Sumber: