Borong Sembako Antisipasi Kenaikan Harga, Warga Stok untuk Puasa

Borong Sembako Antisipasi Kenaikan Harga,  Warga Stok untuk Puasa

BORONG SEMBAKO: Warga ramai-ramai belanja sembako, kemarin. Selain untuk stok kebutuhan bulan puasa, juga untuk tradisi munggahan.-KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID -Empat hari menjelang bulan Ramadan, sebagian warga ramai-ramai melakukan aksi borong sejumlah barang sembilan bahan pokok (sembako).

Aksi ini dipicu kekhawatiran bakal meroketnya harga kebutuhan pokok saat bulan puasa tiba.
Keramaian warga berbelanja terpantau di pasar, swalayan, mini market warung sembako hingga toko grosir.

“Mumpung harganya belum naik, beli agak banyak untuk stok bulan puasa,” ucap Ati, ibu rumah tangga saat ditemui di salah satu toko grosir, Jalan Raya Pantura Patrol, Minggu (19/3).
Dia mengungkapkan, saat ini sejumlah harga kebutuhan pokok mulai mengalami kenaikan.

Seperti telur ayam ras, seminggu lalu harganya masih di kisaran Rp27 ribu per kilogram. Sekarang harganya sudah berubah menjadi Rp29-30 ribu per kilogram. Bahkan di warung-warung kecil, telur dijual dengan harga mencapai Rp31-32 ribu sekilo.

BACA JUGA:BSI Resmikan Masjid di Bakauheni, Perkuat Kontribusi untuk Pertumbuhan Ekonomi

BACA JUGA:Jelang Bulan Ramadhan Polisi Sita Ratusan Botol Minuman Keras

Karena itu, ibu dua orang anak ini membeli telur lebih dari kebutuhan minimal untuk dua pekan ke depan. “Belinya agak banyakan, 5 kilo. Sekalian belanjanya di toko grosir telur, harganya lebih murah,” ujarnya.

Aksi borong yang dilakukan masyarakat itu, dibenarkan Acang, pedagang kelontong. Sudah berlangsung sejak seminggu sebelumnya. Terutama untuk pembelian telur, minyak goreng, beras, mi instan, gula pasir serta aneka bumbu-bumbuan.

Selain sembako, pembelian sayuran juga meningkat. Selain untuk stok puasa, juga untuk tradisi munggahan atau berkirim makanan. “Pedagang-pedagang kecil juga banyak yang borong buat stok warung. Sudah biasa sebenarnya. Menjelang puasa, mau Lebaran, pembeli banyak yang borong,” ungkapnya.

Ia menyatakan, harga sembako menjelang Ramadan memang mengalami kenaikan. Tapi tidak terlalu signifikan. Pasokan sembako dan kebutuhan lainnya juga masih tetap aman. “Sebenarnya sih tidak terlalu tinggi, masih wajar,” tandasnya.

BACA JUGA:Jadwal SIM Keliling Setiap Senin Ada di Pasar Patrol

BACA JUGA:Hasil Lengkap All England 2023 : Fajar/Rian Raih Gelar All England Pertama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: