RSUP Kandou Manado Sukses Lakukan Transplantasi Ginjal yang Pertama Kali

RSUP Kandou Manado Sukses Lakukan Transplantasi Ginjal  yang Pertama Kali

RSUP Kandou Manado--

BACA JUGA:Razia Timgab Temukan Berbagai Barang Terlarang Di Hunian Warga Binaan Lapas

''Operasi sudah selesai, kita berharap pasien bisa survive. Kita juga berharap layanan ini bukan hanya kegiatan monumental atau seremonial semata, tapi bisa dilakukan secara reguler,'' harapnya.

Mewakili Menteri Kesehatan RI, Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Sunarto mengatakan bahwa program pengampuan layanan uro-nefro merupakan satu dari tiga hal yang harus dicapai oleh seluruh rumah sakit vertikal milik Kementerian Kesehatan.

Pengampuan layanan uro-nefro, lanjutnya, sangat penting karena penderita penyakit ginjal di Indonesia terus meningkat. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan hingga tahun 2022, jumlah penderita gagal ginjal kronis di Indonesia mencapai 6 juta orang, 100 ribu diantaranya melakukan hemodialisis atau cuci darah dan 2.350 orang secara kontinyu menjalani CAPD (continuous ambulatory peritoneal dialysis).

''Karenanya kemampuan melakukan transplantasi ginjal, harus bisa dilakukan oleh rumah sakit yang sudah mencapai tingkat paripurna,'' kata Plt. Sesditjen Yankes, Sunarto.

BACA JUGA:Hasil Drawing Perempat Final Liga Champions 2022/2023 : Real Madrid vs Chelsea, AC Milan vs Napoli

RSUP Kandou Manado menjadi rumah sakit pertama di wilayah timur Indonesia yang mampu melakukan transplantasi ginjal. Sesditjen mengucapkan selamat atas keberhasilan yang telah dicapai.

''Kami berharap kegiatan ini bukan hanya kegiatan seremonial, tapi ini menjadi langkah awal untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di RSUP Kandou,'' ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga berharap RSUP Kandou Manado bisa terus meningkatkan layanan kesehatan pada bidang lain seperti jantung, kanker, stroke dan layanan prioritas lainnya.

BACA JUGA:194 wisudawan Sarjana dan Magister Unwir, Tampak Kokoy Kurnaeti Wisudawan yang Tidak Bisa Melihat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: