Mantap! BPOM Terbitkan Izin Edar Antibodi Monoklonal Buatan Indonesia

Mantap! BPOM Terbitkan Izin Edar Antibodi Monoklonal Buatan Indonesia

Kepala BPOM RI Penny K Lukito.(ANTARA)--

JAKARTA, RADARINDRAMAYU.ID - Akhirnya produk antibodi monoklonal pertama bernama Rituxikal telah mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Produk antibodi monoklonal pertama bernama Rituxikal, produksi industri farmasi dalam negeri telah mendapat izin edar oleh BPOM, Sabtu, 28 Januari 2023.

Produk buatan PT Kalbio Global Medika itu merupakan biosimilar dengan kandungan zat aktif Rituximab yang digunakan untuk indikasi keganasan (kanker) pada Limfoma Non-Hodgkin (NHL) dan Leukemia Limfositik Kronik.

Sedangkan Rituxikal ini tersedia dalam bentuk larutan konsentrat yang diberikan secara intravena.

BACA JUGA:DPRD Dorong Politik Anggaran Percepat Pembangunan Infrastruktur Wilayah Kabupaten Inbar

Biosimilar sendiri merupakan produk biologi dengan zat aktif yang sama. Khasiat, keamanan dan mutu biosimiliar serupa dengan produk biologi yang telah disetujui.

"BPOM memberikan izin edar Rituxikal berdasarkan pada hasil uji komparabilitas mutu, uji komparabilitas non-klinik, dan uji komparabilitas klinik Rituxikal yang dibandingkan dengan obat inovator Rituximab, yaitu Mabthera," kata Kepala BPOM RI Penny K Lukito dalam konferensi pers Persetujuan Produk Biologi Rituxikal, seperti yang dikutip dari jpnn.com, Selasa, 31 Januari 2023.

Penny menjelaskan Rituxikal menunjukkan kesebandingan dengan Mabthera yang diproduksi Roche Diagnostics Gmbh, Germany.

Disetujuinya izin edar Rituxikal, lanjut Penny, dapat menambah alternatif akses pasien kanker untuk pengobatan NHL dan Leukemia Limfositik Kronik.

BACA JUGA:Luar Biasa Memang, Kinerja Kecamatan Kedokan Bunder Raih Predikat A

Selain itu, Rituxikal juga menambah daftar produk biologi yang diproduksi lokal di Indonesia setelah vaksin, Epoetin Alfa, Enoxaparin, dan Insulin.

"Hal ini merupakan bentuk realisasi upaya mendukung cita-cita bangsa Indonesia dalam kemandirian produksi antibodi monoklonal dalam negeri. BPOM berkomitmen untuk mendorong Indonesia agar mandiri dan independen terhadap akses ketersediaan obat dan vaksin di dalam negeri," ujar Penny.

BACA JUGA:Berantas Kejahatan Jalanan, Polres Indramayu Bentuk Tim Reaksi Cepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: