BPD Se-Kecamatan Patrol Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas

BPD  Se-Kecamatan Patrol Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas

Anggota BPD se Kecamatan Patrol mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas yang digelar Pemerintah kecamatan.-Komarudin Kurdi-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kecamatan Patrol, mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas lembaga yang digelar Pemerintah Kecamatan Patrol,Jumat (30/12). Peserta mendapatkan pembekalan ilmu administrasi pemerintahan, khususnya pada tugas pokok dan fungsi anggota BPD.

Menghadirkan pemateri dari Inspektorat  Kabupaten Indramayu, dan dipandu langsung langsung Camat Patrol Rusyad Nurdin, SH sekaligus tutor.

Disela sela kegiatan, Rusyad Nurdin mengatakan, pelatihan tersebut perlu diberikan, agar para anggota BPD memahami betul tupoksi yang dijalankan. Menurutnya BPD memiliki peran strategis dalam mengambil keputusan pada pelaksanaan program pembangunan bersama Pemerintah desa.

"  Melalui legislasi, pengawasan dan budgeting yang merupakan tugas fungsinya, BPD harus dapat membantu Kuwu (Kepala desa) guna menjalankan pemerintahan desa untuk mewujudkan Indramayu Bermartabat Jadi, tujuan dari kegiatan pelatihan ini dalam rangka meningkatkan kapasitas, sehingga anggota BPD lebih memahami betul tupoksinya," ujarnya.

BACA JUGA:Mayat tanpa Identitas Mengapung di Muara Cantigi

Mantan Camat Cantigi dan Sindang tersebut menerangkan, seluruh anggota BPD mengikuti pelatihan ini. Mereka berasal dari delapan desa yang ada di Kecamatan Patrol.

Sementara Inspektorat Pembantu (Irban) 4, Inspektorat Kabupaten Indramayu, Yuyun Suhendi menyampaikan, diantara materi yang diberikan dari pelatihan ini,yaitu Permendagri Nomor 110 Tahun 2016, tentang pengawasan kinerja Kepala Desa oleh BPD.

" Dalam Permendagri nomor 110  tahun 2016 ada dua fungsi pengawasan, yakni monitoring dan evaluasi. Fungsi pengawasan tersebut agar bisa dapat dipahami anggota BPD," kata Yuyun Suhendi.

BACA JUGA:Berbagi Peduli di Penghujung Tahun, Pertamina Balongan Santuni 500 Anak Yatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: