Dr Aqua Dwipayana : Belajar Komunikasi Lintas Budaya pada Prajurit dari Papua

Dr Aqua Dwipayana : Belajar Komunikasi Lintas Budaya pada Prajurit dari Papua

Rencana semula Dr Aqua pertama kali melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di jajaran Kodam III/Siliwangi di Yonif 315/Garuda. Itu sesuai dengan permintaan Nugroho. Namun karena para prajurit di sana jadwal latihannya padat sehingga pelaksanaannya baru Sabtu tadi pagi.

Kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Yonif 315/Garuda merupakan sesi ke-25 di jajaran Kodam III/Siliwangi. Acara diawali di Kodim Tasikmalaya yang dipimpin Letkol Inf Ary Sutrisno pada Senin pagi (15/2/2021) lalu.

Meski belum tuntas, Dr Aqua sudah Sharing Komunikasi dan Motivasi di empat Korem yang berada di bawah Kodam III/Siliwangi. Rinciannya 6 sesi di Korem 061/Surya Kancana, Korem 062/Taruma Nagara (2 sesi), Korem 063/Sunan Gunung Jati dan Korem 064/Maulana Yusuf masing-masing 8 sesi.

\"Sampai sekarang saya sudah Sharing Komunikasi dan Motivasi sebanyak 24 sesi di jajaran Kodam III/Siliwangi. Atas dukungan penuh dari Pangdam Pak Nugroho, semua kegiatannya lancar sekali,\" jelas Dr Aqua.

Sesudah memperkenalkan diri, mengawali Sharing Komunikasi dan Motivasi Dr Aqua mengucapkan selamat kepada semua prajurit yang bertugas ke Timika dan istrinya. Amanah mulia itu adalah suatu kehormatan besar. Sehingga harus sukses dan dituntaskan.

\"Tidak semua prajurit TNI Angkatan Darat dapat kesempatan dan kehormatan tugas di Papua. Jadi amanah mulia ini agar dioptimalkan. Perginya sebanyak 400 orang prajurit dan pulangnya utuh dengan jumlah yang sama. Selama di perjalanan dan di sana harus  kompak terus dan saling membantu,\" pesan Dr Aqua.

Hal yang paling penting selama bertugas di Papua menurut Dr Aqua adalah selalu bertutur kata dan berperilaku yang baik karena para prajurit tidak hanya membawa nama pribadi, keluarga, dan kesatuannya. Tetapi juga erat kaitannya dengan nama baik Korem 061/Surya Kancana, Kodam III/Siliwangi, TNI Angkatan Darat, dan TNI.

Kemudian Dr Aqua memanggil ke depan Prada Max Jenal M yang berasal dari Manokwari, Papua Barat. Dia baru sekitar dua bulan bertugas di Yonif 315/Garuda. Sebelumnya lama tugas di Yonif Raider 301/Prabu Kian Santang Kabupaten Sumedang yang berada di bawah Korem 062/Taruma Nagara.

\"Saya baru dua bulan tugas di Yonif 315/Garuda. Sebelumnya tugas di Yonif Raider 301/Prabu Kian Santang. Saya senang di sini karena teman sesama prajurit semuanya baik dan perhatian pada dirinya. Saya siap tugas ke Papua,\" tegas Max.

Istri agar Ikhlas dan Mendoakan Suami
Atas permintaan Dr Aqua, laki-laki kelahiran Manokwari pada 8 Maret 1999 itu menceritakan tentang masyarakat Papua dan kebiasaannya. Menurut Max rakyat Papua umumnya baik-baik apalagi jika mampu menyentuh hatinya.

Sedangkan salah satu kebiasaannya adalah meminum minuman beralkohol. Ada yang sampai mabuk. Hal ini tentunya jangan dicontoh oleh para prajurit.

Diakui Max sampai hari ini masih ada sebagian kecil orang Papua yang tergabung dalam Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB). Keberadaan mereka perlu diwaspadai. Dia menyarankan agar semua prajurit selalu waspada, hati-hati, dan mawas diri selama bertugas di Papua.

Max mengatakan sudah punya pacar yang sekarang kuliah semester terakhir di Fakultas Keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang. Namanya Maria.

Mendengar itu spontan Dr Aqua mengatakan begitu pulang tugas operasi dari Timika, dia akan memberi Max hadiah jalan-jalan ke Malang untuk menemui pacarnya. Akan disiapkan tiket pesawat dan pulang serta uang saku.

Max senang dengan hadiah itu. \"Terima kasih bapak Aqua atas hadiahnya,\" kata Max.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: