Dr Aqua Dwipayana : Belajar Komunikasi Lintas Budaya pada Prajurit dari Papua

Dr Aqua Dwipayana : Belajar Komunikasi Lintas Budaya pada Prajurit dari Papua

BOGOR---Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menyarankan kepada semua anggota Batalyon Infanteri (Yonif) 315/Garuda Kota Bogor yang akan bertugas pengamanan daerah rawan ke Timika, Papua untuk belajar Komunikasi Lintas Budaya pada para prajurit yang berasal dari Papua. Dengan begitu mengetahui kebiasaan masyarakat di sana. Jika bisa menyesuaikan diri dan konsisten melaksanakannya maka akan sukses selama tugas di sana.

Saran itu disampaikan Dr Aqua saat Sabtu pagi (13/3/2021) melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan para prajurit Yonif) 315/Garuda yang akan tugas ke Papua dan istri yang tinggal di asrama selama mereka bertugas. Total prajurit yang berangkat ke Timika 400 orang. Rencananya mereka meninggalkan Kota Bogor minggu kedua Mei 2021 mendatang.

Sebelumnya Danrem 061/Surya Kancana Brigjen TNI Achmad Fauzi menyampaikan terima kasih kepada Dr Aqua yang telah berkenan Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan seluruh jajarannya termasuk yang bertugas di Yonif 315/Garuda. Menurutnya hal itu sangat bermanfaat untuk para prajuritnya utamanya yang akan bertugas di Timika, Papua.

\"Terima kasih pak Aqua atas Sharing Komunikasi dan Motivasinya dengan para prajurit saya termasuk yang akan bertugas ke Timika, Papua. Semua yang bapak sampaikan pasti bermanfaat buat mereka dan keluarganya,\" ujar Fauzi.

Begitu memasuki tempat acara, saat duduk di kursi depan yang berhadapan dengan semua peserta, mata Dr Aqua tertuju kepada beberapa peserta yang berasal dari Papua. Hal ini menarik perhatian penulis buku super best seller \"The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi\" itu.

Dr Aqua langsung bertanya kepada Wakil Komandan Yonif 315/Garuda Mayor Inf Diyan Mantofani yang mendampinginya tentang para prajurit yang berasal dari Papua tersebut. Baginya keberadaan mereka sangat menarik dan diyakini mampu membantu mensukseskan operasi di daerah rawan seperti di Timika.

\"Mereka berasal dari Papua dan akan ikut ke Timika. Jumlahnya 12 orang. Dari awal sampai sekarang mereka rajin latihan persiapan ke Timika bersama prajurit yang lain,\" jelas Diyan.

Di awal Sharing Komunikasi dan Motivasi, Dr Aqua memperkenalkan diri. Mantan wartawan di banyak media besar itu menyampaikan bahwa kehadirannya di Yonif 315/Garuda atas undangan dan permintaan dari Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

\"Sekitar sebulan lalu, tepatnya pada Minggu sore (14/2/2021) di resto Sari Baping Malangbong KM 61,1 Kabupaten Garut, saya ketemu Pak Nugroho. Waktu itu beliau didampingi putri bungsunya Azmi Hanifah Budi Setyaningati. Begitu tahu bahwa saya sedang menuntaskan Sharing Komunikasi dan Motivasi sekitar 50 sesi di jajaran Kodam IV/Diponegoro, Pak Nugroho minta saya untuk melakukan hal yang sama di jajaran Kodam III/Siliwangi,\" jelas Dr Aqua.

Waktu itu Nugroho mengatakan yang menjadi prioritas untuk pelaksanaan Sharing Komunikasi dan Motivasi adalah Yonif 315/Garuda yang pada Mei 2021 mendatang akan melaksanakan tugas operasi ke Timika, Papua. Seluruh prajurit yang berangkat ke sana perlu dimotivasi dan dibekali kemampuan Ilmu Komunikasi sehingga sukses salama tugas operasi.

Komandan Yonif (Danyonif) 315/Garuda Mayor Inf Aryo Priyoutomo Sudojo yang memimpin langsung tugas operasi itu. Seluruh prajurit yang berangkat 400 orang. Mereka bertugas sekitar 9 bulan di sana.

Sebelumnya pada 2014 dipimpin Letkol Inf Albar, sebanyak 350 orang prajurit Yonif 315/Garuda sukses melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan Indonesia- Malaysia di Kalimantan Barat. Sesudah itu pada 2018 tugas operasi pengamanan perbatasan Indonesia-Nugini di Merauke, Papua.

\"Saya ingin seluruh prajurit di Yonif 315/Garuda Kota Bogor yang mendapat kehormatan tugas operasi ke Papua fokus pada tugas-tugasnya dan dapat berinteraksi dengan masyarakat di sana. Sedangkan para istri dan anak-anaknya mendukung penuh aktivitas mulia suami dan bapaknya,\" tegas Nugroho.

Tugas ke Papua Kehormatan Besar
Saat mereka berkomunikasi tersebut Dr Aqua bisa merasakan perhatian Nugroho yang sangat besar pada persiapan yang dilakukan semua prajurit Yonif 315/Garuda yang akan bertugas di Papua. Dia ingin seluruhnya lancar sehigga saat tugas operasi sesuai dengan yang direncanakan dan diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: