Warga Dua Desa Siaga Banjir, Pemdes hingga Satlak PBA Rutin Pantau Debit Sungai

Warga Dua Desa Siaga Banjir, Pemdes hingga Satlak PBA Rutin Pantau Debit Sungai

PANTAU DEBIT AIR: Kuwu Limpas Tato bersama tim PBA secara aktif memantau kondisi saluran air sungai, kemarin. -KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID -Warga yang bermukim di sepanjang tepian sungai punya kebiasaan baru. Sejak memasuki musim penghujan ini. Yakni memantau debit air sungai. Pemantauan itu dilakukan sebagai langkah antisipasi potensi terjadinya banjir.

Seperti dilakukan penduduk di Desa Sukahaji dan Bugel, Kecamatan Patrol. Menjadi daerah langganan banjir, masyarakat disana intens melihat kondisi permukaan air Kali Bugel yang membelah dua desa bertetangga itu.

“Saban hujannya turun gede dan intensitasnya lama, kami warga pada keluar lihat air sungai. Jaga-jaga, asal airnya sudah naik melebihi ambang batas, kita siap-siap,” ujar Roji, salah seorang warga, Jumat (9/12).

Tak hanya warga, pemantaun juga dilakukan oleh pamong desa, petugas kepolisian hingga TNI yang tergabung dalam tim Penanggulangan Bencana Alam (PBA). Mereka secara berkala memantau kondisi sungai, saluran air serta areal persawahan.

BACA JUGA:Jadwal SIM Keliling Setiap Sabtu Ada di Terminal Indramayu Kota

Dia mengungkapkan, selain berasal dari sungai, limpahan air dari saluran serta areal persawahan menjadi pemicu banjir di desanya. Kondisi ini terjadi akibat jalannya aliran air disaluran kerap tersendat sampah kiriman.

Kuwu Desa Limpas, Kecamatan Patrol, Tato membenarkan. Tersumbatnya saluran air oleh sampah mengakibatkan sungai dan saluran meluap ke permukiman penduduk karena tak bisa mengalir dengan lancar. Karena itu, pihaknya juga rutin melaksanakan normalisasi saluran air.

“Jauh-jauh hari kami bersama masyarakat melaksanakan kerja bakti normalisasi saluran. Isinya lumpur campur sampah. Makanya, kita juga mengimbau masyarakat tidak membuang sampah sembarangan terutama di saluran air. Jaga kebersihan saluran di lingkungan masing-masing,” imbaunya.

BACA JUGA:UMK 2023 Kabupaten Indramayu Masih Tertinggi di Ciayumajakuning. Naik Menjadi Rp 2.541.996,72.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: