Inilah Timnas Curacao, Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Match Day

Inilah Timnas Curacao, Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Match Day

Timnas Indonesia tengah berlatih menjelang FIFA match day melawan Curacao-@pssi-

Radarindramayu.id, INDRAMAYU – Timnas Indonesia akan menghadapi laga uji coba FIFA Match Day menghadapi Timnas Curacao, 24 dan 27 September 2022.

Di telinga masyarakat Indonesia, Timnas Curacao memang terasa asing. Bahkan mungkin banyak yang belum kenal.

Padahal  Timnas Curacao ternyata memiliki timnas sepakbola yang bagus. Bahkan Curacao menduduki peringkat ke-84 dunia sedangkan Indonesia berada di peringkat ke-155 dunia.

Secara geografis, Curacao terletak di kawasan Amerika Selatan. Curacao adalah sebuah pulau di Laut Karibia sebelah selatan, dekat pesisir Venezuela.

Curaçao  mencakup pulau utama dan pulau Klein Curaçao, pulau kecil dan tidak berpenghuni, merupakan salah satu negara konstituen Kerajaan Belanda dengan ibu kota Willemstad.

BACA JUGA:Panglima TNI Fasilitasi Zul. Bocah Indramayu yang Telan Kunci Itu Dibawa ke Jakarta

Karena sejarah pulau pada masa kolonial, ternyata mayoritas orang Curacao adalah Afrika. Ada juga banyak orang dari Belanda, Prancis, Amerika Latin, Asia Selatan, Asia Timur, dan keturunan.

Bicara soal sepakbola, Curacao ternyata lumayan menonjol. Dilihat dari peringkat FIFA, sepak bola Curacao lebih baik dibanding Indonesia. Timnas Curacao saat ini menempati peringkat 84 FIFA, jauh di atas Indonesia yang berada di peringkat 155.

Sebagian besar pemain Timnas Curacao termyata merumput di Eropa, khususnya Belanda. Sebut saja kapten Timnas Curacao, Cuco Martina yang pernah membela Twente (2013-2015), Southampton (2015-2017), Stoke City (2017-2018) dan kini memperkuat klub Belanda, Go Ahead Eagles.

Kemudian ada gelandang berusia 28 tahun Ayrton Daryl Statie yang pernah memperkuat FC Eindhoven (2016) dan kini masih bermain di Belanda bersama klub Kozakken Boys.

Nama lainnya adalah Kenji Joel Gorre, pemain kelahiran Belanda ini masih bermain di Primeira Liga Portugal bersama klub Boavista. Gorre memulai karier juniornya bersama klub Manchester City, Manchester United dan Swansea City. Dia lalu mengawali kariernya di tim Inggris, Swansea City selama lima tahun 2013-2018.

Mantan penggawa Aston Villa, Leandro Bacuna, yang sekarang berstatus bebas transfer setelah Cardiff City tidak memperpanjang kontraknya pada akhir musim 2021/22, juga ikut dipanggil. Begitu juga dengan gelandang klub Divisi Championship Inggris Birmingham, Juninho Bacuna.

Timnas Curacao saat ini ditangani Pelatih asal Belanda, Remko Bicentini. Bicentini pernah menjadi asisten pelatih Patrick Kluivert yang pernah menangani Timnas Curacao pada tahun 2015-2016.

Sebelum menjalani pertandingan uji coba kontra timnas Indonesia, skuad Curacao terlebih dulu berlatih di Belanda selama satu pekan.

Seperti diketahui, duel uji coba Timnas Indonesia melawan Timnas Curacao bakal berlangsung pada 24 dan 27 September mendatang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung dan Stadion Pakansari Bogor.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, Timnas Indonesia harus meraih hasil terbaik saat melawan Curacao.

"Pemain harus fokus dan kerja keras, Curacao bukan lawan sembarangan. Apalagi hampir semua pemain mereka bermain di kompetisi Eropa," kata Iriawan sebagaimana dikutip disway.id.

Timnas Indonesia akan memberikan perlawanan walaupun jika dilihat Curacao peringkatnya jauh di atas Indonesia.

"Insya Allah kami yakin mampu memberikan perlawan dan hasil terbaik," kata Iriawan optimistis.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: