Kibarkan Bendera di Tengah Jalan, Aliansi Pemuda Helat Upacara HUT ke-77 RI

Kibarkan Bendera di Tengah Jalan, Aliansi Pemuda Helat Upacara HUT ke-77 RI

KHIDMAT: Petugas Paskibra dari SMP Nurul Halim menggelar upacara bendera peringatan HUT ke-77 RI di Jalan Pantura Lama Widasari, kemarin.-ANANG SYAHRONI-RADAR INDRAMAYU

Radarindramayu.id, WIDASARI- Aliansi Pemuda Blok Bruntuk Desa Ujungjaya, Kecamatan Widasari gelar upacara pengibaran bendera sang merah putih di tengah jalan pantura lama, Desa Ujungjaya, Kecamatan Widasari, Rabu (17/8/2022).

Upacara pengibaran bendera sepanjang 6 × 2 meter yang berlangsung singkat ini, sebagai Inspektur Upacara Kuwu Ujungjaya Mustado. Selain itu, melibatkan Pemerintah Desa Ujungkaya, Karang Taruna, BUMDes Berkah Jaya, Bhabinmas, Bhabinkamtibmas, serta masyarakat sekitar.

Kegiatan pengibaran bendera yang di lakukan  pasukan pengibar bendera (Paskibra) dari siswa dan siswi SMP Nurul Halim Widasari, dan dimeriahkan alunan Merching Band dari SMP Nurul Halim.

Ketua Aliansi Pemuda Bruntak Ujungjaya-Ujungpendokjaya, Arief  Aries Saputra mengatakan upacara pengibaran bendera sang merah putih di tengah jalan, merupakan inisiasi dari para pemuda yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Bruntak Ujungjaya-Ujungpendokjaya, sebagai upacara peringatan HUT RI ke 77, dan merupakan pertama kali dilakukan di Kabupaten Indramayu.

BACA JUGA:Peringati HUT Kemerdekaan ke-77 RI, Ketua DPD Nasdem Ajak Kader Terus Semangat Berjuang

“Inisiatif kita, ingin tahu bagaimana respon masyarakat sejauh mana paham tentang nasionalisme,” ujarnya.
Arief menegaskan, kegiatan yang berlangsung singkat dan khidmat ini  bertujuan sebagai sarana untuk menguatkan rasa nasionalisme dan patriotisme masyarakat khususnya masyarakat Ujungjaya, dan Ujungpendokjaya.

“Masyarakat sekitar juga ikut upacara hanya upacara inti saja, pembacaan teks proklamasi dan pengibaran bendera, setelah itu selesai,” kata Arief.

Ketua BUMDes Berkah Jaya, Agus Salim Kumbara mengatakan pihaknya men-support sepenuhnya kegiatan yang di inisiasi Aliansi Pemuda Blok Brutuk, yang memiliki tujuan yang sangat bagus, sebagai sarana memupuk rasa nasionalime masyarakat desa, karena selama ini kegiatan-kegiatan upacara hanya diselenggarakan di berbagai instansi saja.

“Setidaknya masyarakat bisa paham pentingnya rasa nasionalisme, masyarakat semakin mencintai NKRI, dan menjaga keutuhan NKRI, karena saat upacara berlangsung arus kendaraan dari dua arah di hentikan sementara pengguna jalan ikut menyangsikan kegiatan upacara, alhamdulillah kegiatan berjalan lancar,” katanya.

BACA JUGA:Inilah Nominasi Peraih Ballon d’Or 2022. Tidak Ada Nama Lionel Messi

Sebelum bendera sang merah putih dikibarkan, terdengar suara sirine sebagai tanda detik-detik proklamasi.
Hal itu membuat arus kendaraan berhenti sejenak, sampai inspektur upacara membacakan teks proklamasi dan didengarkan ratusan masyarakat yang hadir.

Selanjutnya, prosesi pengibaran bendera sang merah putih pada momen itu bukan saja petugas upacara, namun semua masyarakat yang hadir dan menyaksikan pengibaran bendera ikut hormat, sehingga menambah sakralnya upacara HUT ke-77 RI tersebut.

Sementara itu, Inspektur Upacara yang juga Kuwu Ujungjaya Mustado mengatakan, Pemerintah desa sangat mengapresiasi dan mensupport kegiatan yang dilakukan Karangtaruna dari Desa Ujungjaya, dan Ujungpendokjaya yang bersama-sama menyelenggarakan kegiatan seremonial upacara pengibaran bendera dengan latar belakang jalan raya, sebagai salah satu agenda peringatan HUT ke 77 RI.

“Alhamdulillah ya, tadi dari semua pihak hadir ya, dari Bhabinmas, Bhabinkamtibmas semua hadir, ini sebagai langkah untuk menggugah dan memupuk rasa nasionalisme, dan jiwa patriotisme warga. Dan semoga semangat kolaborasi antara semua pihak khususnya para pemuda, pemerintah desa ini, bisa mewujudkan Ujungjaya Ceria, dan Indramayu Bermartabat,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: