Dr Aqua: Ketrampilan Komunikasi Kunci Wujudkan Program yang Efektif dan Menarik

Dr Aqua: Ketrampilan Komunikasi Kunci Wujudkan Program yang Efektif dan Menarik

Menurut Rico, setiap melaksanakan kegiatan yang seluruhnya dilakukan secara daring, pesertanya membludak. Jumlahnya melebihi target. Itu menunjukkan animo yang sangat besar dari para peserta.

Rico yang mantan pegawai BRI itu menambahkan bahwa program Lecturer Coaching Movement dibuatnya mendadak. Setelah dirinya mendapatkan beasiswa dari Chief Executive Officer Paragon Technology and Innovation Salman Subakat dan memperoleh sertifikasi kedua. Ketika itu dia bertekad untuk membuat gerakan yang positif buat kalangan perguruan tinggi. 

\"Setelah saya diskusi dengan Pak Salman maka muncul ide melaksanakan program Lecturer Coaching Movement. Alhamdulillah Pak Salman mendukung penuh kegiatan tersebut. Saya makin semangat melaksanakannya. Tekad dan targetnya harus sukses,\" tambah Rico.

Setelah menyimak semua penjelasan Rico tentang Lecturer Coaching Movement Paragon Technology and Innovation, Dr Aqua menyampaikan apresiasi. Saat pandemi Covid-19 yang telah lebih dari setahun dan tidak tahu kapan berakhir, kegiatan seperti itu sangat dibutuhkan para dosen dan mahasiswa. Sekaligus penyegaran buat mereka.

Terkait dengan itu, secara spontan Rico mengundang Dr Aqua sebagai pembicara tentang komunikasi efektif di acara Lecturer Coaching Movement Paragon Technology and Innovation. Dia yakin kegiatan tersebut bermanfaat buat semua peserta.

\"Menarik sekali tentang komunikasi yang Pak Aqua sampaikan. Saya menjadi \"tertampar\" agar ke depan lebih memperhatikan aspek komunikasi karena memang sangat penting dan menentukan keberhasilan seseorang. Terkait dengan itu saya mau mengundang bapak sebagai pembicara. Kapan Pak Aqua punya waktu luang untuk kegiatan tersebut? Kalau bisa secepatnya,\" ungkap Rico.

Karena melihat keseriusan Rico menyimak semua yang disampaikannya, Dr Aqua langsung menerima undangan Rico. Setelah diskusi tanggal pelaksanaannya, mereka sepakat acara pada Sabtu (29/5/2021) mendatang. 

Rico berjanji bersama teman-temannya akan mempersiapkan acara itu dengan sebaik-baiknya. Sehingga hasilnya optimal dan bermanfaat buat semua peserta.

Minta Dr Aqua dan Ero
Pada pertemuan itu Rico juga menceritakan tentang perjuangannya mendirikan Yayasan Pondok Inspirasi. Didasari atas keprihatinannya melihat realita banyak mahasiswa terutama penerima beasiswa Bidikmisi yang kesulitan saat kuliah termasuk mencari tempat untuk tinggal mereka selama kuliah. Mereka juga membutuhkan pembinaan.

Rico mendirikan Pondok Inspirasi pada 23 Juni 2013 di Desa Babakan Gang IV  nomor 95, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Tujuan pendiriannya  untuk membantu mahasiswa yang kurang mampu termasuk penerima Beasiswa Bidikmisi buat mendapatkan tempat tinggal gratis. Juga pembinaan sekaligus membuka ruang buat mereka untuk berkreasi dan belajar.

Pondok Inspirasi merupakan organisasi sosial yang bergerak di bidang pengembangan, kepemudaan, pendidikan, dan sosial masyarakat. Visinya menjadi lembaga pengelola sumber daya manusia yang menciptakan generasi tangguh, kreatif, pembelajar dan menginspirasi.

Sedangkan Misinya ada empat. Pertama, meningkatkan kualitas kinerja pengelolaan yayasan. Kedua, mengoptimalkan pembinaan untuk mencapai dampak berkelanjutan.  Ketiga, membina penerima manfaat untuk memiliki  “contextual learning” yang unggul. Keempat, menerapkan manajemen keuangan yang transparan dan akuntabel.

Pondok Inspirasi yang awalnya berbentuk komunitas, sejak dua tahun lalu telah menjadi yayasan. Menurut Rico yang alumni IPB University, sampai sekarang lebih dari 250 penghargaan yang telah diraih mahasiswa yang bergabung di yayasan tersebut. Sebagian besar penghargaan yang berskala nasional dan internasional itu merupakan karya tulis ilmiah.

Rico meminta Dr Aqua dan Ero yang tahun lalu pada Dies Natalis ke-60 Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran mendapat penghargaan sebagai mahasiswa Pegiat Gerakan Kemanusiaan dan Pemberdayaan Masyarakat, untuk berkenan Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan ratusan mahasiswa yang tergabung pada Yayasan Pondok Inspirasi.

Bapak dan anak yang selalu kompak itu menyatakan siap melaksanakan undangan Rico. \"Silakan Mas Rico jadwalkan. Insya Allah kami siap Sharing Komunikasi dan Motivasi memenuhi undangan Mas Rico,\" kata mereka senada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: