Dr Aqua: Ketrampilan Komunikasi Kunci Wujudkan Program yang Efektif dan Menarik

Dr Aqua: Ketrampilan Komunikasi Kunci Wujudkan Program yang Efektif dan Menarik

BOGOR---Salah satu kunci penting untuk mewujudkan proses berkegiatan atau memunculkan program yang menarik dan menyenangkan adalah kemampuan berkomuniksi efektif yang harus dikuasai oleh siapapun.  Di luar semua itu, setiap aktivis kegiatan atau pelaksana program harus selalu mengedepankan nurani dan sikap rendah hati dalam proses pendidikan tersebut.

Pesan bernas tersebut disampaikan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana di rumahnya pada pertemuan dengan Konsultan Corporate Social Responsibility Paragon Technology and Innovation yang juga founder Yayasan Pondok Inspirasi Bogor Rico Juni Artanto di Bogor pada Sabtu malam (15/5/2021) lalu. Mereka diskusi sekitar 3,5 jam dari pukul 19.38 hingga pukul 23.20.

Dalam pertemuan itu, Rico didampingi empat temannya dari Pondok Inspirasi. Mereka adalah Ketua Pondok Inspirasi Agus Harianto, Ketua Asrama Fakhoor Izaaz Wildhanrahman, Bagian Program Eksternal Aisyah Nurush Shoba, dan Bagian Keuangan Rosita Wulandari. Sedangkan yang mendampingi Dr Aqua adalah putra bungsunya Savero \"Ero\" Karamiveta Dwipayana yang sekarang ini menjadi Staf Bidang Komunikasi Sosial Poitik dan Masyarakat (Komsospolmas) Tim Komunikasi Publik Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Sebelumnya Rico dan Agus lebih dulu bersilaturahim ke Direktur Gerakan Jurnalis Peduli Pendidikan Nurcholis MA Basyari di Depok. Mereka mendapat banyak masukan dari wartawan senior tersebut.

Dr Aqua yang telah mengumrahkan gratis lebih dari 150 orang dari hasil penjualan buku super best seller \"The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi\" itu menjelaskan orang yang tidak dibekali kecerdasan komunikasi dan hati biasanya adalah orang yang egois dan tidak peduli pada orang lain.

“Mereka pun akhirnya tidak diterima lingkungannya. Mulai sekarang persiapkan diri masing-masing tidak hanya Indeks Prestasi yang tinggi tapi juga terutama kecerdasan komunikasi dan hati. Saya prihatin karena sampai sekarang masih sering menemukan orang yang tidak peduli pada pentingnya komunikasi,” kata doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran ini.

Sosok yang telah meluncurkan buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim itu kemudian menguraikan bahwa efektivitas komunikasi dapat dijalankan dengan rumus REACH Plus AC.
Hal ini mengacu pada lima aspek yakni “Respect” atau perhatian yaitu di mana saja, kapan pun, kepada siapa pun selalu menghormati, jangan pernah meremehkan. Kemudian, “Empathy” atau bisa menempatkan diri yaitu bagaimana merasakan apa yang dirasakan orang lain. Melayani dengan optimal dan standar, tidak ada perbedaaan atau diskriminasi.

Selanjutnya \"Audible\" atau mudah dimengerti yaitu semua yang disampaikan gampang dipahami. \"Clarity\" atau kejelasan pesan yang diutarakan dengan mengutamakan etika sehingga mudah  dimengerti. Terakhir, \"Humble\" atau rendah hati, tidak ada yang perlu disombongkan oleh setiap manusia. Semua itu perlu dilengkapi dengan huruf \"AC\" yakni \"Action\" atau Tindakan nyata dan cepat serta \"Consistency\" atau Konsistensi yang dilakukan secara terus-menerus,\" tukas mantan wartawan di banyak media itu.

Dr Aqua menekankan bahwa siapapun harus menjaga kebersihan hati, dan selalu  berkomunikasi yang baik dengan siapapun, serta berempati. “Jadilah teladan dalam berpartisipasi dan berkontribusi, tinggalkan ego untuk jadi \"hero\". Jika punya ide apapun untuk kebaikan tidak perlu ragu menyampaikannya dan jangan takut gagal,” tegasnya.

Targetnya 6.000 Mahasiswa
Pada pertemuan tersebut, Rico menginformasikan tentang kegiatan Lecturer Coaching Movement Paragon Technology and Innovation yang melibatkan ribuan dosen dan mahasiswa dari ratusan perguruan tinggi  di seluruh Indonesia. Ia juga mengenalkan Yayasan Pondok Inspirasi dan berbagai aktivitas yang telah dilaksanakannya.

Rico menjelaskan sampai sekarang program Lecturer Coaching Movement Paragon Technology and Innovation telah melibatkan Sebanyak 2.305 orang dosen dari 547 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Program tersebut dilaksanakan pada 2021 ini mulai Januari sampai April.

\"Sedangkan mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan yang kami adakan lebih banyak lagi. Selama 2020 lalu sebanyak 4.765 mahasiswa. Tahun ini sejak Januari hingga April 2021 jumlahnya 3.372 mahasiswa. Targetnya tahun ini akan mengikutsertakan sekitar 6.000 mahasiswa. Saya optimis tercapai. Bahkan jumlahnya mungkin lebih dari itu,\" jelas Rico.

Kegiatan yang dilakukan dengan kalangan perguruan tinggi itu antara lain adalah Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Nasional, Pondasi Coaching Movement, Webinar Series, dan Program Pembinaan Bahasa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: