Gencarkan Vaksinasi Booster, Puskesmas Kertasemaya Rutin Membuka Layanan Gerai Vaksin Kemitraan

Gencarkan Vaksinasi Booster, Puskesmas Kertasemaya Rutin Membuka Layanan Gerai Vaksin Kemitraan

KOLABORASI: Kepala Puskesmas Kertasemaya drg Vony Nur Santi bersama Staf Kementerian Kesehatan RI Hendro Kahono dan Muspika Kertasemaya meninjau gerai vaksin kemitraan, kemarin.--


Radarindramayu.id, KERTASEMAYA-Puskesmas Kertasemaya menggelar gerai vaksinasi di Aula Sanggar Pelangi Kertasemaya, Selasa (19/7).
Kegiatan dihadiri langsung Camat Kertasemaya Drs H Ali Sukma Jaya Mulyana MSi dan Kapolsek Sukagumiwang Kompol H Amizar SH.

Pada program vaksinasi kemitraan itu, disambut antusias oleh masyarakat Kertasemaya.
Alhasil, sebanyak 115 orang mendapatkan vaksinasi khususnya vaksinasi dosis tiga atau booster. Selain itu, masyarakat yang divaksin dapatkan minyak goreng kemasan 1 liter.

Kepala UPTD Puskesmas Kertasemaya, drg Vony Nur Santi mengatakan, vaksinasi yang terselenggara merupakan kemitraan antara Kementerian Kesehatan RI dengan Komisi IX DPR RI, yang pelaksanaanya diadakan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Kertasemaya berdasarkan instruksi dari Dinas Kesehatan Indramayu.

“Vaksin juga sudah didroping oleh Dinkes. Target untuk vaksinasi ini sebanyak 150 orang. Alhamdulillah hasilnya lumayan banyak ada 115 orang yang divaksin, mereka setelah divaksin dapat minyak goreng kemasan 1 liter,” ujar Vony.

BACA JUGA:Janjian Tawuran Depan Polsek, Lima Pelajar Diamankan dan Seorang Dilarikan ke RS

Dijelaskannya, meski dalam vaksinasi program kemitraan untuk vaksin 3 atau booster, namun apabila saat kegiatan vaksinasi ada masyarakat yang baru vaksin dosis  1 atau 2 tetap mendapat pelayanan vaksin.

Selain melaksanakan gerai vaksin kemitraan, lanjutnya, Puskesmas Kertasemaya juga setiap hari membuka gerai vaksin di Puskesmas, dan menyiapkan 11 tim vaksinator yang sudah dijadwal, sehingga tidak mengganggu pelayanan kesehatan masyarakat di dalam gedung.

“Kita buka gerai vaksin dari Senin sampai Sabtu, bahkan Minggu juga kita buka. Untuk sasaran semua kalangan masyarakat, terutama lansia. Berdasarkan data per April 2022 untuk lansia yang sudah divaksin sebanyak 4.337 orang mulai vaksin 1,2 dan 3,” papar Vony.

Untuk menyukseskan vaksinasi ini, pihaknya terus menjalin komunikasi dan koordinasi lintas sektor, seperti Muspika dan pemdes di Kecamatan Kertasemaya.

BACA JUGA:Komisi I DPRD Indramayu Terkesan dengan Digitalisasi Desa Cangkingan

“Selain membuka gerai vaksin tetap di Puskesmas, kami membuka gerai juga di desa-desa. Untuk lansia, petugas vaksin terkadang langsung datang ke rumah-rumah bila mereka tidak memungkinkan untuk datang ke Puskesmas,” katanya.

Vony berharap, dengan pembukaan gerai vaksin yang rutin dilakukan setiap hari, semakin banyak masyarakat di Kecamatan Kertasemaya yang tervaksin baik itu vaksin dosis 1, 2, dan 3 (booster). Sehingga, lanjutnya, semakin cepat terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok masyarakat terhadap virus corona (Covid-19).

Sementara itu, Staf Kementerian Kesehatan RI, Hendro Kahono mengatakan pembukaan gerai vaksinasi program kemitraan dengan DPR RI Komisi IX, adalah salah satu upaya untuk meningkatkan pencapaian vaksinasi dan penanganan Covid-19, yang kegiatannya di lakukan di beberapa tempat serentak di seluruh Indonesia.

“Di Kabupaten Indramayu ada 4 Puskesmas, yakni Puskesmas Kertasemaya, Cantigi, Sindang, dan Puskesmas Kandanghaur, yang pada intinya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: