Cikawaung Potensial untuk Kembangkan Sereh Wangi

Cikawaung Potensial untuk Kembangkan Sereh Wangi

POTENSIAL: Camat Terisi Drs H Endhy Yohendi MSi mendampingi kunjungan jajaran Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Indramayu ke perkebunan dan pabrik penyulingan sereh wangi di Blok Lajem Desa Cikawung.--

Radarindramayu.id, TERISI-Kabupaten Indramayu ternyata memiliki potensi untuk pengembangan budi daya tanaman serai atau sereh wangi.

Salah satunya di Blok Lajem, Desa Cikawung, Kecamatan Terisi. Disana terdapat perkebunan cukup luas dan juga pabrik penyulingan sereh wangi yang dikelola oleh kelompok tani setempat.

Sebagaimana diketahui, tanaman sereh wangi merupakan salah satu komoditas perkebunan yang cukup digemari saat ini.

Tumbuhan tropis ini bisa diolah menjadi berbagai bentuk mulai dari teh yang bisa diminum hingga diekstrak minyak.

BACA JUGA:Harga Minyak Dunia Bergerak Positif, Tak Terpengaruh Cadangan Amerika dan Inflasi yang Meningkat

Minyak sereh yang dikenal dengan nama Java Citronella Oil ini, memiliki beragam manfaat untuk bahan baku industri seperti sabun, parfum, kosmetik, antiseptik, aromaterapi, dan sebagai bahan aktif pestisida nabati.

Selain itu dengan perkembangan teknologi, minyak sereh wangi juga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan bio-aditif bahan bakar minyak (BBM).

Melihat potensi dan peluang cuan yang dimiliki, Pemkab Indramayu di bawah kepimpinan Bupati Hj Nina Agustina SH MHA CRA tak tinggal diam.

BACA JUGA:Tim Gabungan Resmob Tangkap Geng Motor SOT di Majalengka

Melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Indramayu menggelontorkan bantuan bibit sereh wangi kepada poktan setempat.

“Ibu Bupati sangat merespon dan memberikan bantuan bibit sereh wangi untuk seluas satu hektare sebagai demplot,” kata Camat Terisi Drs H Endhy Yohendi MSi, kemarin.

Bantuan ini, kata Endhy, sebagai tindaklanjut hasil kunjungan kerja sekaligus monitoring jajaran Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Indramayu serta BPP, ke perkebunan dan pabrik penyulingan sereh wangi yang berlokasi di Blok Lajem Desa Cikawung.

Di tempat itu, mereka melihat langsung bagaimana teknik pembibitan, teknik budi daya dan sampai kepada proses penyulingan sehingga menghasilkan minyak sereh wangi yang bernilai jual tinggi. Bahkan diklaim lebih berkualitas dibanding daerah lain.

BACA JUGA:Pelaku Tawuran Konten Medsos di Pabedilan Diamankan Polresta Cirebon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: