Kontrol Pertanian lewat HP Android

Kontrol Pertanian lewat HP Android

PERDANA: Reang Hidroponik sedang mencoba teknologi Internet of Thing (IoT), kemarin. Melalui teknologi ini bertani terkontrol dari HP Android.--

Radarindramayu.id, JATIBARANG-Reang Hidroponik kembali membuat terobosan. Mereka mulai menggunakan teknologi terbaru pada sistem bertani dengan manfaatkan teknologi yang menghemat waktu dan mempermudah kegiatan bertani menjadi lebih modern.

Reang Hidroponik secara perdana gunakan teknologi Internet of Thing (IoT).
Hal itu memungkinkan bertani terkontrol dari satu alat komunikasi yang handphone.

Owner Reang Hidroponik, Samwil mengatakan, dirinya baru pertama menggunakan teknologi IoT pada proses pertanian hidroponiknya.

“Cara kerjanya menggunakan sensor yang terhubung pada handphone android. Sehingga sangat mempermudah dalam menunjang proses bertani bagi para petani-petani muda lebih mudah dan jauh lebih modern,” jelas Samwil, kemarin.

BACA JUGA:Berjuang Melawan Sakit, Coldenhoff Dan Seewer Raih Peringkat Lima Dan Sembilan Di MXGP Seri Indonesia

Melalui sensor ini, lanjutnya, secara sistem otomatis dalam pemberian nutrisi, pengaturan PH, dan kelembapan ruangan.

Sistem IoT, kata Samwil, dapat mengontrol penggunaan air, kontrol pertumbuhan tanaman lewat CCTV, dan dapat juga menditeksi adanya serangan hama, hanya dalam satu genggaman tangan untuk mengontrol itu semua.
“Hanya pada HP android semua bisa terkontrol.

Sesibuk apapun kita bisa melakukan kegiatan bertani, saat pemberian nutrisi, sampai memgatur aliran air karena kita pakai sistem hidroponik,” paparnya.

BACA JUGA:Puan Maharani dan Nina Agustina Bertemu di Acara FBIN

Samwil berharap, penerapan IoT di sektor pertanian diharapkan semakin banyak petani di Indramayu yang beregenerasi melanjutkan profesi orang tua mereka, namun dengan gaya yang lebih elegan, dan modern.

“Petani harus mampu memanfaatkan dan mampu beradaptasi dengan teknologi, dan dapat memanfaatkan teknologi tersebut, untuk mempermudah dalam menjalankan aktivitas bertaninya,” ujarnya. (oni)

BACA JUGA:Kabar Marshanda Hilang di Amerika Serikat Dibantah Sang Adik

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: