Bersembunyi di Dalam Rumah, Evakuasi Ular Cobra Gegerkan Warga Kalitanjung Cirebon

Bersembunyi di Dalam Rumah, Evakuasi Ular Cobra Gegerkan Warga Kalitanjung Cirebon

Ular cobra masuk rumah di Kalitanjung Cirebon berhasil dievakuasi Damkar-Dedi Haryadi/Radarcirebon.com-

Radarindramayu, CIREBON - Seekor ular cobra masuk ke rumah warga di Kampung Kalitanjung Timur, RT 02 RW04, Kel/Kec Harjamukti, Kota Cirebon, Sabtu 18 Juni 2022.

Ular Cobra berjenis kelamin betina ini, akhirnya berhasil dievakuasi Tim Animals Rescue Pemadam Kebakaran (Damkar) Pos Harjamukti, Kota Cirebon.

Ular Cobra berwarna hitam itu, pertamakali ditemukan pemilik rumah yang bermaksud masuk ke dalam rumah.

Ular Cobra Jawa tersebut, memiliki panjang 1,5 meter saat ini diamankan Damkar Pos Harjamukti.

BACA JUGA:Airlangga Pimpin KIB Kalimantan Sukseskan Pembangunan IKN

Pantauan radarcirebon.com di lokasi, untuk dapat mengamankan ular kobra tersebut petugas Damkar terpaksa harus membongkar lobang yang diduga sarang ular tersebut.

Dibutuhkan 2 jam untuk proses penangkapan ular, karena posisi hewan melata tersebut berada di dalam lubang dan menyulitkan petugas.

Bahkan, petugas menyemprotkan cairan kimia pembersih lantai agar ular tersebut keluar dari lubang. 

Selanjutnya, ular kobra Jawa berjenis kelamin betina tersebut dimasukkan ke dalam karung lalu disimpan ke dalam boks. Dan ular itu dibawa ke kantor Damkar Pos Harjamukti untuk diamankan.

BACA JUGA:Guru Honorer Lulus PG 2021, Bakal Diangkat jadi PPPK 2022 Tanpa Tes

“Ular ini selanjutnya akan kami serahkan ke BKSDA untuk selanjutnya dilepas liarkan,” ujar Yusup Komandan Damkar Pos Harjamukti kepada radarcirebon.com.

Yusuf menduga masih ada ular kobra lainnya di daerah tersebut.

“Ular ini sepertinya sedang hamil atau juga habis makan, karena perutnya terlihat membesar. Ular kobra ini sangat berbahaya jika menyerang manusia, karena racun bisa ular ini akan menyembur ke arah lawannya. Dari gigitannya pun bisa mematikan,” ucapnya.

Sementara itu, Sri Handayani pemilik rumah kepada radarcirebon.com menuturkan, ular kobra Jawa tersebut masuk ke dalam kamar tidur di rumahnya sekitar pukul 13.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Radar Cirebon