Metode Container Farming, Cara Baru Bercocok Tanam Buah Stroberi Tanpa Lahan

Metode Container Farming, Cara Baru Bercocok Tanam Buah Stroberi Tanpa Lahan

Budidaya stroberi harus di dataran tinggi dan udara sejuk. Metode Container Farming bisa jadi solusi.-PLN Peduli-

BACA JUGA:Gara-gara Banyak Dipetik, Tanaman 'Penis' di Kamboja Terancam Punah!

Ketua Poktan Rumpaka, Yaya Zakaria menerangkan, bahwa saat ini pihaknya tengah mengembangkan perawatan khusus dalam budidaya tanaman stroberi tersebut.

“Saat ini kami sedang menyiapkan pemberian nutrisi khusus untuk buah stroberi yang dikembangkan melalui metode Container Farming. Harapannya buah stroberi yang dihasilkan menjadi lebih maksimal dan berkualitas,” ujar Yaya.

Menurutnya, ada beberapa keunggulan bercocok tanam dengan menggunakan metode Container Farming.

Antara lain, teknologi yang digunakan modern, kualitas tanaman dan produk buah lebih sehat dan bersih, lebih hemat dalam penggunaan air, ramah lingkungan, dapat berproduksi sepanjang tahun.

BACA JUGA:Intip! Cara Memaksimalkan Fitur-fitur Smartphone Sejutaan di Jaringan 4G yang Lebih Lancar

Selain itu juga panen lebih cepat, metode bertanam tanpa tanah sehingga dapat dilakukan di lahan yang terbatas dan berbagi tempat.

Container Farming yang terletak di kawasan Agro Eduwisata Ragunan ini juga telah diresmikan menjadi wahana edukasi oleh PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya dan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Oktober 2021 lalu.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta, Raya Doddy B. Pangaribuan mengungkapkan, dukungan PLN Peduli diharapkan dapat memberikan manfaat bagi Poktan Rumpaka.

“Pemberian bantuan dan program pelatihan yang diberikan dapat menjadi modal bagi para petani dalam mengelola dan mengembangkan pertanian perkotaan untuk meningkatkan ketahanan pangan khususnya di wilayah Jakarta,” jelas Doddy. (disway.id)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id