Misteri Makam Nyi Subang Larang, Istri Prabu Siliwangi dari Cirebon

Misteri Makam Nyi Subang Larang, Istri Prabu Siliwangi dari Cirebon

Petilasan makam Nyi Subang Larang. -Iat-Radarindramayu.id

Radarindramayu.id - Nyi Subang Larang dikenal sebagai salah satu istri dari Prabu Siliwangi. Kisah cinta keduanya, berakhir pilu lantaran perbedaan keyakinan.

Nyi Subang Larang yang merupakan seorang santriwati, dipersunting Prabu Siliwangi dan menjadi istri yang ke-11.

Kendati bukan istri pertama dari Prabu Siliwangi, mulanya Nyi Subang Larang Sangat dicintai. Bahkan tinggal di Keraton Pakuan Pajajaran.

Lalu, siapa sebenarnya Nyi Subang Larang yang kemudian memiliki keturunan dan menjadi pendiri Cirebon?

BACA JUGA:Penemuan Mayat di Sungai Cimanuk, Korban yang Hanyut di Sungai Cihonje?

Mengutip naskah "Cariosan Prabu Siliwangi" yang ditulis dengan bahasa Jawa Cerbonan dan aksara Carakan pada tahun 1435 M di atas daluwang (kertas kulit kayu), menyebutkan nama Nhay (Nyai) Mrajalarangtapa Dyah Subang Larang.

Sementara, Menurut Carita Purwaka Caruban Nagari (CPCN), Subang Larang bernama asli Kubang Kencana Ningrum.

Nyai Subang Larang lahir pada 1404 M dan wafat tahun 1441. Sementara ada kisah lain menyebutkan Subang Larang wafat pada usia 40 tahun. Dengan demikian mestinya ia wafat pada tahun 1444.

BACA JUGA:Kapal Semen Tenggelam di Laut Bima, Angkut Ribuan Sak

Dalam Naskah Cariosan Prabu Siliwangi yang ditulis tahun 1435, yaitu di zaman Prabu Siliwangi (Sri Baduga Maharaja) masih hidup bahkan masih dikenal dengan nama Pamanahrasa, tidak menyebut Subang Larang.

Pada tahun 1435 itu, Pamanahrasa menyebut Subang Larang adalah Nyai Mrajalarangtapa putri Ki Gede ing Tapa (Ki Gedeng Tapa) seorang Mangkubumi Kerajaan Singapura Cirebon.

Penyebutan Subang Larang ada pada Naskah Carita Purwaka Caruban Nagari (disingkat CPCN) merupakan karya Pangeran Arya Cerbon pada tahun 1720.

Kendati demikian, kisah hidupnya misterius. Beberapa kisah meriwayatkan Nyi Subang Larang diasingkan Prabu Siliwangi, karena ketahuan masih memeluk Agama Islam.

BACA JUGA:Manchester United Dibantai Brighton, Memalukan!

Setelahnya, anak-anak Nyi Subang Larang yakni Pangeran Walangsungsang dan Rara Santang memilih keluar dari kerajaan, karena kecewa atas perlakuan itu.

Lalu, di mana sebenarnya Nyi Subang Larang meninggal dunia dan kemudian di makamkan? Hingga kini belum diketahui secara pasti

Namun, ada salah satu Situs "Nyai Subang Larang di Subang" yang sering juga disebut-sebut sebagai "Makam Nyai Subang Larang".

BACA JUGA:AHY Temui Airlangga, Singkatan ‘AHY’ Jadi Airlangga Hartarto Yes!

Lokasinya di Kawasan Teluk Agung yang terletak di Desa Nanggerang Kecamatan Binong Kabupaten Subang kawasan yang juga dikenal Astana Panjang atau Muara Jati.

Ini merupakan saksi sejarah riwayat perjalanan hidup seorang tokoh legendaris wanita tatar Pasundan (kini Jawa Barat—red) pada sekitar abad 16-17 masehi yang juga merupakan istri Prabu Siliwangi, yakni Nyai Subang Larang. (yud)

BACA JUGA:Misrawan Ubah Daun Jadi Uang, Hasilnya Menggunung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: