Jadi Pemain Termahal se Asean, Calon Pemain Naturalisasi dari Malaysia Ini Bernilai Rp260,72 Miliar

Selasa 10-09-2024,12:24 WIB
Reporter : Farhan
Editor : Farhan

RADARINDRAMAYU.ID - Indonesia berencana memperkuat tim nasional melalui program naturalisasi. Dua pemain yang akan dinaturalisasi adalah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Tampaknya, Malaysia tidak ingin ketinggalan dengan langkah Timnas Indonesia dalam merekrut pemain naturalisasi. Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) dilaporkan sedang mempersiapkan dua pemain top untuk diintegrasikan ke dalam tim nasional mereka.

Naturalisasi telah terbukti membantu Timnas Indonesia mencapai level yang lebih tinggi. Baru-baru ini, mereka berhasil lolos ke Piala Asia 2027 dan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Menyadari hal ini, Malaysia juga tengah mempersiapkan proses calon pemain naturalisasi dengan nilai yang dianggap cukup fantastis dan mungkin menjadi yang tertinggi di ASEAN.

BACA JUGA:Gak Mau Kalah Dari Indonesia, Malaysia Siapkan 3 Pemain Naturalisasi Terbaru, Siapakah Mereka?

Salah satu media di Malaysia melaporkan bahwa FAM sedang mendekati Iggy Houben dan Josh Brownhill. Kedua pemain tersebut akan tetap berkarier di Eropa setelah memperoleh paspor Malaysia dan bermain untuk tim nasional.

Josh Brownhill saat ini bermain untuk klub Inggris, Burnley. Ia memiliki keturunan Malaysia dari neneknya dan telah lama disebut-sebut sebagai kandidat naturalisasi Malaysia.

Brownhill memiliki profil yang sangat menarik. Dia adalah kapten Burnley, yang saat ini bermain di Championship (divisi kedua). Brownhill merupakan pemain penting bagi timnya dan memiliki pengalaman bermain di Premier League.

Jika proses ini berhasil, Josh Brownhill bisa menjadi salah satu pemain dengan nilai pasar tertinggi di ASEAN, bahkan melebihi Mees Hilgers, yang merupakan calon bek Timnas Indonesia.

BACA JUGA:Pantai Karangsong Atau Pantai Tirtamaya, Mana Yang Paling Bagus Untuk Dikunjungi? Temukan Jawabannya Disini!

Dengan nilai pasar mencapai Rp121,67 miliar, Hilgers diprediksi akan menjadi pemain termahal di ASEAN. Namun, jika Brownhill dinaturalisasi oleh Malaysia, posisinya mungkin tergeser, karena nilai pasar Brownhill saat ini mencapai Rp260,72 miliar.

Brownhill sendiri disebut-sebut memiliki peluang besar untuk bergabung dengan Timnas Malaysia, mengingat ia memiliki darah Malaysia dari neneknya.

Media Malaysia, seperti Astro Arena, melaporkan bahwa Brownhill telah membuka kemungkinan untuk bergabung dengan Harimau Malaya.

Disisi lain Indonesia kini sedang disibukan dengan kualifikasi Piala Dunia 2026 di Grup C, Indonesia akan bertanding melawan Australia Pada Selasa 10/9/2024.

BACA JUGA:Minim Budget Untuk Liburan? Tenang, Begini Cara Menikmati Liburan Di Indramayu Dengan Budget Terbatas!

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengakui Australia adalah lawan yang kuat. Untuk itu, dia menyatakan bahwa laga besok tidak mudah dan skuad Garuda butuh kerja keras demi meraih kemenangan.

"Pertandingan besok memang tidak mudah bagi kami karena Australia berada di ranking 20-an FIFA sedangkan Indonesia di posisi 130-an, jadi pasti ini akan jadi pertandingan yang sangat sulit bagi kami," kata Shin Tae-yong.

Kekalahan Australia dari Bahrain 0-1 di kandang mereka sendiri pada laga pertama tidak dijadikan tolok ukur oleh Shin Tae-yong bahwa Indonesia dapat menang mudah atas mereka. Apalagi laga nanti diprediksi Australia bakal bangkit.

"Saat ini kondisi pemain bagus, para pemain tidak akan pernah menyerah. Bagaimana pun caranya, mereka akan menjadikan laga kandang ini sebagai pertandingan yang baik melawan Australia," tambahnya.

Kategori :