Tips Tidur agar Nyaman dan Aman saat Perjalanan Mudik

Tips Tidur agar Nyaman dan Aman saat Perjalanan Mudik

--

Radarindramayu - Saat perjalanan mudik banyak orang tidak bisa tidur dengan nyenyak. Karena selama perjalanan bia sja muncul rasa cemas atau ketidaknyamanan dengan perbedaan waktu dan perubahan suasana.

Lebih-lebih perjalanan mudik saat sedang puasa, selain terasa melelahkan. Tnetunya ini akan memunculkan keinginann untuk bisa tidur dengan nyaman ketika beristirahat dalam perjalanan, agar tetap fit dan segar sesampainya nanti dikampung halaman.

Selain itu posisi tidur sambil duduk sebenarnya tergolong aman, tetapu memang perlu trik khusus supaya bisa tidur duduk dengan nyaman dan nyenyak.

BACA JUGA:Pak Hakim Videokan Bu Hakim Mandi, Habiburokhman protes:

Berikut ini tips tidur sambil duduk yang nyaman saat perjalanan mudik yang bisa kamu terapkan:

1. Kenakan pakaian yang nyaman
Perjalanan mudik memerlukan waktu yang tidak sebentar. Jadi kamu harus pintar-pintar dalam memilih baju yang akan dikenakan. Hindari baju yang ketat serta berbahan panas dan tidak menyerap keringat. seperti denim, nilon dan poliester.

2. Gunakan bantal kecil atau bantal leher
Ketika tidur dalam posisi duduk tegak, mungkin saja leher akan tertekuk ke kanan dan kiri. Posisi ini bisa menyebabkan nyeri leher dan pundak. selain itu, tidur sambil duduk pun bisa membuat tubuhmu merosot ke bawah yang akhirnya memicu pegal-pegal serta sakit punggung dan pinggang.

3. Gunakan penutup mata dan penyumbat telingga
Paparan cahaya dari lampu jalan juga bisa menghambat pelepasan hormon melatonin dalam tubuh.bawalah penutup mata dan penyumbat telinga atau headphone saat perjalanan mudik. Dengan begitu, kamu bisa mengantuk lebih cepat dan tidur dengan nyaman.

BACA JUGA:Segernya Strawberry Jelly Milk

4. Hindari menggunakan gadget terlalu lama
Bermain game di ponsel atau mengerjakan pekerjaan di laptop memang bisa menjadi cara ampuh untuk membunuh rasa bosan selama perjalanan. Meski begitu, seperti cahaya dari lampu jalanan, cahaya biru dari gadget juga bisa memengaruhi pelepasan melatonin.

5. Posisikan tubuh dengan benar
Tidur di kursi pada waktu yang cukup lama tanpa adanya pergerakan atau mobilisasi berkala bisa meningkatkan risiko terjadinya deep vein thrombosis (DVT). Kondisi ini bisa membahayakan kesehatan, bahkan dapat berujung pada kematian.

Untuk mencegahnya, tidur sambil duduk harus dalam posisi nyaman. Turunkan sandaran kursi setidaknya sampai 40°. Kalau dirasa tidak memungkinkan untuk menurunkan sandaran kursi, sebaiknya sering-seringlah gerakan kaki atau melakukan peregangan kaki.

BACA JUGA:Resep Bola-Bola Daging Bumbu Lada Hitam, Mantap untuk Berbuka Puasa

6. Terapkan pola makan dan minum yang sehat
Pastikan selalu konsumsi makanan bernutrisi simbang saat sahur dan berbuka puasa, agar tubuh tetap bugar dan fit selama perjalanan mudik. Selain itu, perbanyak juga minum air putih agar kebutuhan cairan harian terpenuhi dan terhindar dari dehirasi saat puasa.

Hindari konsumsi minuman beralkohol dan batasi minum minuman berkafein, seperti kopi atau teh. Pasalnya, kedua minuman ini dapat membuatmu terjaga dan sulit tidur ketika di perjalanan.

Nah, itulah cara yang bisa kamu lakukan supaya mendapatkan tidur berkualitas saat di perjalanan mudik. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan perjalanan mudik yang sehat dan bisa menikmati setiap momen kehangatan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman.(len)

BACA JUGA:Real Madrid Lolos ke Final Setelah Kemasukan 4 Gol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: