Sindiran Media Vietnam Pada Timnas Indonesia: 'Lebih Baik Fokus Piala AFF Daripada Lolos Piala Dunia'

Sindiran Media Vietnam Pada Timnas Indonesia: 'Lebih Baik Fokus Piala AFF Daripada Lolos Piala Dunia'

Media Vietnam Beri Sindiran pada Timnas Indonesia untuk Fokus Piala AFF 2024 dibanding Lolos Piala Dunia 2026-PSSI-Radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID- Media Vietnam, Bongda24h, beri sindiran keras pada Timnas Indonesia. Mereka menyarankan Timnas Indonesia lebih memprioritaskan Juara Piala AFF 2024 ketimbang lolos Piala Dunia 2026.

Saran ini melihat dari hasil pertandingan saat melawan China yang berakhir 2-1. Laga yang berlangsung di Stadion Qingdao pada 15 Oktober kemarin merupakan kekalahan perdana Skuad Garuda di Grup C. Setelah sebelumnya Indonesia mampu menahan imbang di 3 laga yaitu Arab Saudi, Australia, dan Bahrain.

"Indonesia mengawali tiga laga pertama dengan tiga kali seri melawan Arab Saudi, Australia, dan Bahrain. Melihat prestasi di atas, suporter Garuda berhak berharap masa depan cerah bagi tim tuan rumah dalam perjalanan menuju Piala Dunia 2026," tulis Bongda24h.

Namun mereka menyebut anak asuh Shin Tae-yong mengalami tekanan psikologis setelah kalah melawan China.

BACA JUGA:Media Vietnam Buat Sindiran untuk Indonesia Agar Lebih Fokus ke Piala AFF Lebih Dulu Karena Belum Pernah Juara

"Namun, kekalahan terbaru melawan China di laga keempat memberikan pukulan psikologis yang cukup berat bagi Asnawi Mangkualam dan rekan-rekannya," imbuhnya.

Dalam pernyataannya, Bongda24h itu menyinggung Timnas Indonesia daripada mengejar mimpi lolos ke Piala Dunia, lebih baik fokus pada Piala AFF 2024. Meski mimpi lolos piala dunia menjadi ambisi besar, namun piala AFF 2024 lebih realistis bagi Indonesia.

Turnamen yang akan dilaksanakan pada 8 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025 ini bisa menjadi kesempatan emas bagi Indonesia untuk meraih kesuksesan yang selama ini gagal didapat. Mereka juga seolah menyinggung Indonesia yang sudah enam kali mencapai final Piala AFF, namun  belum berhasil menjuarai turnamen itu.

"Ingat, Timnas Indonesia belum pernah menjuarai piala AFF sejak turnamen ini lahir pada 1996, dengan enam kali kelelahan di Final, antara lain empat kali melawan Thailand, satu kali melawan Singapura, dan satu kali melawan Malaysia." Tulis Bongda24h.

BACA JUGA:Dicap Pengecut, Media Korea Selatan Beri Tanggapan Soal Permintaan Bahrain Pindahkan Tempat Lawan Indonesia

Menurutnya, bahwa jika PSSI bisa mendatangkan pemain naturalisasi berkualitas, peluang Indonesia untuk menjuarai Piala AFF akan meningkat.

"Dengan bekal pemain naturalisasi berkualitas, PSSI bisa sepenuhnya memasang ambisi mewujudkan cita-cita menjuarai AFF ketimbang hanya memfokuskan segala upaya pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026."

"Dengan ambisi yang diusung oleh Presiden PSSI, Erick Thohir, Indonesia dapat memiliki kekuatan yang solid untuk bersaing merebut gelar juara turnamen regional," katanya.

Pernyataan ini memang sejalan dengan fakta mengenai prestasi tim-tim di Asia Tenggara. Thailand masih memegang rekor sebagai tim terbaik dengan tujuh kali menjuarai AFF, Vietnam sudah menjadi juara dua kali. Sedangkan Indonesia, sudah enam kali mencapai final namun selalu gagal meraih kemenangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: