Waduh! AFC Beri Tanggapan Serius Permintaan Bahrain Soal Pemindahan Venue ke Tempat Netral, Begini Katanya..

Waduh! AFC Beri Tanggapan Serius Permintaan Bahrain Soal Pemindahan Venue ke Tempat Netral, Begini Katanya..

AFC Beri Tanggapan Serius Soal Bahrain Ingin Pindah Venue Di Lokasi Netral-Katadata-Radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID- Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menanggapi permintaan Asosiasi Sepak Bola Bahrain (BFA) untuk memindahkan venue pertandingan Indonesia lawan Bahrain dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Diketahui Bahrain dijadwalkan bertandang ke Indonesia pada 25 Maret 2025 mendatang. Setelah sebelumnya Indonesia lebih dulu bertandang ke markas Bahrain pada 10 Oktober 2024 kemarin.

Permintaan BFA itu pun ditanggapi serius oleh AFC. Mereka mengeluarkan pernyataan resmi tentang permintaan Bahrain untuk memindahkan venue itu pada Jumat, 18 Oktober 2024.

"AFC menyadari kekhawatiran yang diangkat oleh Asosiasi Sepak Bola Bahrain (BFA) mengenai keselamatan dan keamanan tim nasional mereka menjelang Kualifikasi Asia AFC," tulis AFC di laman resminya.

BACA JUGA: Dokumen Naturalisasi Kevin Diks Telah Diterima Kemenpora tapi Tunggu Kabinet Baru, Bisa Rampung November?

"AFC akan membahas masalah ini lebih lanjut dengan FIFA, BFA, dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menciptakan lingkungan yang aman dan terjamin bagi seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam pertandingan," imbuh AFC. 

AFC juga menegaskan bahwa mereka berkomitmen untuk menjaga keselamatan semua pemain, ofisial, serta suporter. 

Rencananya, AFC akan mendiskusikan lebih lanjut masalah ini dengan FIFA, FA Bahrain, dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk memastikan semua pihak yang terlibat merasa aman baik Bahrain maupun Indonesia. 

“AFC juga menyampaikan ini dengan serius dan komitmen penuh untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan semua pemain, ofisial, dan penggemar, juga mengutuk segala bentuk pengungkapan dan ancaman online,” sambung AFC. 

BACA JUGA: Bahrain Minta Laga Lawan Indonesia Digelar di Tempat Netral, AFC Berikan Tanggapan

Ketakutan Bahrain datang ke Indonesia adalah buntut dari hasil pertandingan yang kontroversial di Stadion Riffa pada 10 Oktober 2024 kemarin. Timnas Indonesia yang seharusnya meraih kemenangan harus direnggut karena ulah wasit yang dianggap memihak Bahrain.

Sehingga skor pertandingan yang berakhir seri pun mengundang banyak kekecewaan, terutama pada sang wasit. Sehingga netizen Indonesia menyerang akun media sosial BFA dan akun para pemainnya.

Serangan-serangan tersebut membuat BFA khawatir, dan tidak mau datang bertanding di Indonesia. BFA meminta AFC dan FIFA untuk memindahkan venue ke lokasi netral saat laga lawan Indonesia.

Menanggapi hal ini Exco PSSI, Arya Sinulingga pun berkomitmen untuk menjamin keamanan lawan (Bahrain), dan akan mengirimkan surat ke AFC dan FIFA untuk tetap menggelar pertandingan tersebut di Jakarta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: