Debut di Timnas, KNVB Cabang Indonesia Posting Foto Mees Hilgers dan Pemain Sayap Aston Villa, Kode Apa Nih?

Debut di Timnas, KNVB Cabang Indonesia Posting Foto Mees Hilgers dan Pemain Sayap Aston Villa, Kode Apa Nih?

Mees Hilgers duduk di sebelah Ian Maatsen. -Instagram @oranje_indonesia-radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID - KNVB cabang Indonesia, via akun instagram @oranje_indonesia, memposting foto Mees Hilgers. Yang baru saja melakoni debut perdana bersama Timnas Indonesia

Ya, Hilgers sudah menuntaskan penampilannya dengan seragam Garuda saat Indonesia melawan Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, dengan hasil imbang 2-2, imbas kecurangan wasit.

Balik ke postingan itu, yang bertuliskan caption 'Selamat Pagi Dunia', terdapat Hilgers yang sedang duduk di bench, dan pemain seharga Rp695,27 Miliar yang duduk di sebelahnya.

Dua adalah Ian Maatsen, pemain winger yang berkompetisi di Premier League bersama Aston Villa. Kaitannya dengan naturalisasi adalah dia masih memiliki status yang Eligible, seperti apa?

BACA JUGA:Resmi Datang ke Jakarta Menemui Erick Thohir, Kevin Diks Bisa Bermain Dalam Waktu Dekat Melawan Jepang?

Ian Maatsen memang masih Eligible untuk menjalani proses naturalisasi bersama PSSI untuk bisa join ke Timnas Indonesia, namun semua keputusan ada ditangan dirinya.

Merujuk Pasal Statuta 9 ayat 2a FIFA, dari sana menjelaskan bahwa pemain boleh mengajukan pindah federasi jika pemain itu belum pernah turun di kompetisi Grade A.

"Diturunkan dalam pertandingan pada kondisi resmi di tingkat manapun (dengan pengecualian tingkat internasional A) dalam jenis sepakbola apapun untuk asosiasinya saat ini" bunyi pasalnya.

Perlu diketahui, kompetisi A itu adalah pertandingan besar misalnya seperti Piala Dunia, Piala Eropa, Piala Asia, Copa America.

BACA JUGA:Bukti Indonesia Makin Kuat, Bahrain Rela Curang dengan 'Bayar' Wasit untuk Berpihak, PSSI Auto Lapor FIFA!

Setelah ditelusuri lebih dalam, rupanya Ian Maatsen memang belum pernah sekalipun mencatatkan caps di kompetisi A bersama Timnas Belanda.

Di Skuad Belanda Senior, Maatsen belum mencatatkan penampilan apapun. Bahkan pemain 21 tahun ini juga dicoret saat pemilihan pemain untuk gelaran Euro 2024.

Namun, Ronald Koeman pelatih Belanda berubah pikiran, dia kembali memanggil Maatsen buat Euro 2024, sayangnya Maatsen tidak diberi kesempatan untuk bermain, alhasil ia tidak tampil sama sekali. 

Karena memang belum mencatatkan caps bersama skuad Ronald Koeman, makanya ada asumsi bahwa Ian Maatsen, bisa dan berpotensi untuk jalani naturalisasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: