Naturalisasi Kevin Diks Diprediksi Lebih Cepat Dibanding Mees dan Eliano, PSSI ungkap November Bisa Bertanding

Naturalisasi Kevin Diks Diprediksi Lebih Cepat Dibanding Mees dan Eliano, PSSI ungkap November Bisa Bertanding

naturalisasi kevin diks diprediksi lebih cepat dibanding mees dan eliano-@kevindiks2 instagram-radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID - Naturalisasi Kevin Diks diprediksi lebih cepat di banding Mees dan Eliano, sudah bisa lawan Jepang November mendatang?

Proses naturalisasi pemain sepak bola keturunan Indonesia kembali menjadi sorotan, terutama setelah Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengumumkan kabar menggembirakan tentang Kevin Diks melalui unggahan di Instagram pribadinya pada Sabtu (12/10/2024) sore.

Dalam unggahan tersebut, Erick Thohir mengunggah foto dirinya bersama pemain FC Copenhagen yang memiliki garis keturunan Indonesia, dengan keterangan yang berbunyi, "Makan siang sama pemain F.C Copenhagen yang punya keturunan Indonesia, ngga lupa salaman."

Kevin Diks, pemain yang telah berkarier di Eropa, memiliki darah Indonesia yang mengalir dari kakeknya, seorang keturunan Ambon dengan marga Bakarbessy.

BACA JUGA:Resmi Datang ke Jakarta Menemui Erick Thohir, Kevin Diks Bisa Bermain Dalam Waktu Dekat Melawan Jepang?

Nama Diks mulai menarik perhatian publik Indonesia setelah rumor bahwa ia siap dinaturalisasi dan bergabung dengan Timnas Indonesia dalam waktu dekat.

Indonesia saat ini tengah bersiap menghadapi pertandingan lanjutan di ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Garuda akan melakoni dua laga krusial pada November mendatang, yakni melawan Jepang pada 15 November dan menghadapi Arab Saudi pada 19 November, kedua laga tersebut akan digelar di kandang.

Setelah dua pertandingan tersebut, ada jeda cukup panjang sebelum pertandingan berikutnya di bulan Maret 2025.

BACA JUGA:Bahrain Curang Demi Image Depan Presiden? Jepang: 'Lebih Baik Kalah Terhormat, Daripada Menang Karena Wasit'

Dalam sebuah konferensi pers di Jakarta Pusat, Erick Thohir mengungkapkan bahwa proses naturalisasi Kevin Diks sudah berada di tahap yang sangat baik. "Kembali, kalau sudah salaman berarti kan sudah fix. Tinggal prosesnya, tentu kita akan mendorong kepada Bapak Presiden dan DPR untuk percepatan," ujar Erick Thohir saat menjawab pertanyaan terkait seberapa cepat proses tersebut bisa rampung.

Sebagai perbandingan, dua pemain keturunan Belanda lainnya, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, hanya memerlukan waktu 24 hari untuk menyelesaikan seluruh proses naturalisasi mereka.

Mulai dari pertemuan pertama dengan Erick Thohir hingga pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), proses keduanya berjalan relatif cepat.

Hal ini tentu menimbulkan ekspektasi bahwa Kevin Diks bisa menjalani proses serupa.

BACA JUGA:Selalu Jadi Penyelamat, Wasit Ahmed Al Kaf Sudah 6 kali Pimpin Timnas Bahrain dan Tak Pernah Kalah

Kevin Diks sendiri pernah membela Timnas Belanda di kelompok umur U-19, U-20, dan U-21. Penampilan terakhirnya bersama Timnas Belanda U-21 tercatat pada 16 November 2018 dalam ajang Kualifikasi Euro U-21. Meski sudah berlaga di level internasional bersama Belanda, kini Kevin Diks memiliki kesempatan untuk membela Indonesia di pentas dunia, seiring dengan rencana naturalisasinya.

Erick Thohir juga tidak menutup kemungkinan bahwa Diks bisa segera memperkuat Timnas Indonesia, bahkan lebih cepat dari yang diperkirakan. "Window-nya kalau kita lihat di bulan Maret bisa main. Tapi kalau bisa November, kenapa tidak," kata Erick Thohir, optimis bahwa Diks bisa bergabung lebih cepat untuk pertandingan di bulan November mendatang.

Dengan pernyataan tersebut, harapan akan kehadiran Kevin Diks dalam skuad Garuda semakin menguat. Jika proses naturalisasinya berjalan lancar dan mengikuti jejak Mees Hilgers serta Eliano Reijnders, Diks berpotensi sudah bersumpah menjadi WNI sebelum November.

Tentunya, kehadiran Diks di lini pertahanan atau sebagai pemain sayap belakang akan sangat dinantikan oleh penggemar sepak bola Indonesia yang berharap pada kontribusinya dalam menghadapi laga-laga krusial Timnas di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: