Tim Dosen Polindra Selenggarakan Psikoedukasi Kenakalan Remaja di MTs Negeri 3 Indramayu

Tim Dosen Polindra Selenggarakan Psikoedukasi Kenakalan Remaja di MTs Negeri 3 Indramayu

PAPARKAN: Rizki Amelia SE MSi sedang memaparkan materi tentang kesehatan reproduksi dan infeksi menular seksual-istimewa-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID– Tim Dosen dari Jurusan Kesehatan Politeknik Negeri Indramayu (Polindra) Nafisah Itsna Hasni S Psi M Psi, Evi Supriatun S Kep Ns M Kep, dan Hasim Asyari SKM  M Kes,  mengadakan psikoedukasi yang mengusung tema “Psikoedukasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa: Kenakalan Remaja dan Implikasinya” pada bulan September 2024.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di MTs N 3 Indramayu. Kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa di MTS Negeri 3 Indramayu merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Politeknik Negeri Indramayu sebagai wujud nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa-siswi MTs N 3 Indramayu terkait kenakalan remaja, akibat pergaulan bebas, serta pemeliharaan kesehatan reproduksi dan infeksi menular seksual.

Kegiatan psikoedukasi dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, materi diberikan oleh Dwiana Widianti M Psi, Psikolog, seorang psikolog yang bertugas di Rumah Sakit Bhayangkara Tk.III Indramayu.

BACA JUGA:Wasit Ahmed Al Kaf Tuai Kontroversi Besar di Laga Indonesia VS Bahrain, Netizen: 'Wasit Botol!'

Dwiana Widianti M Psi, Psikolog menjelaskan mengenai kenakalan remaja, dampak kenakalan remaja, dan cara mencegah kenakalan remaja.

Sedangkan narasumber pada sesi dua adalah Rizki Amelia, SE MSi, seorang penyuluh dari UPTD Pengendalian Pendudukan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kecamatan Sliyeg.

Rizki Amelia membawakan materi terkait dengan kesehatan reproduksi remaja dan infeksi menular seksual. Kedua narasumber menggunakan metode interaktif dalam pemberian materi, sehingga siswa-siswi MTs N 3 Indramayu terlihat mengikuti kegiatan psikoedukasi dengan semangat dan antusias.

Disela–sela penjelasan materi pun, terdapat ice breaking yang dipandu oleh mahasiswa-mahasiswi Jurusan Kesehatan Politeknik Negeri Indramayu. Ice breaking ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dan fokus para siswa-siswi, sehingga materi yang disampaikan dapat diterima dengan mudah.

BACA JUGA:Akibat Banyak Kontroversi, IG Wasit Ahmed Al Kaf Hilang Bak Ditelan Bumi, Netizen Gagal untuk Silaturahmi

Selama kegiatan psikoedukasi, tim dosen memberikan kuesioner kepada siswa-siswi MTs N 3 Indramayu sebelum dan setelah kegiatan berlangsung. Berdasarkan hasil kuesioner tersebut dapat disimpulkan bahwa pengetahuan dan kesadaran siswa-siswi MTs N 3 Indramayu terkait kenakalan remaja, pergaulan bebas, dan infeksi menular seksual semakin meningkat.

Dengan demikian, diharapkan pula siswa-siswi MTs N 3 Indramayu dapat menghindari perilaku atauapun pergaulan yang mengarah pada kenakalan remaja, sehingga mengurangi resiko penyakit infeksi seksual menular. (rls/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: