Ditolak FIFA ! Netizen Malaysia Kecewa Atas Gagalnya Naturalisasi Mats Deijl 'Tak Bisa Saingi Indonesia'

Ditolak FIFA ! Netizen Malaysia Kecewa Atas Gagalnya Naturalisasi Mats Deijl 'Tak Bisa Saingi Indonesia'

Mats Deijl-instagram famalaysia-radarindramayu.id

RADARINRAMAYU.ID - Federasi Sepakbola Internasional atau FIFA resmi menolak naturalisasi Mats Deijl, calon pemain bagi timnas Malaysia.

Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) baru-baru ini mengumumkan bahwa pemain asal klub Go Ahead Eagles dari Belanda, Mats Deijl, tidak memenuhi syarat kelayakan untuk bergabung dengan skuad Timnas Malaysia.

FAM menyebutkan bahwa proses verifikasi kelayakan pemain berusia 27 tahun ini telah dimulai sejak 27 Juni 2024. Saat itu, Deijl yang menunjukkan minat untuk membela Malaysia telah menyerahkan dokumen-dokumen terkait garis keturunannya yang menunjukkan hubungan keluarganya dengan Malaysia.

Namun, setelah ditelusuri lebih lanjut, keturunan Malaysia yang dimiliki oleh Deijl ternyata berasal dari moyangnya, yakni ibu dari datuknya yang lahir di Singapura pada tahun 1893, saat Singapura masih merupakan bagian dari Tanah Melayu.

BACA JUGA:Resmi! STY Umumkan Panggil 27 Pemain untuk Turun Melawan Bahrain dan China di Kualifikasi Piala Dunia 

Berdasarkan hasil konfirmasi dari Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), Deijl tidak dapat membela Harimau Malaya karena keturunan Malaysia yang dimilikinya berasal dari moyang, bukan dari datuk atau nenek, sesuai persyaratan FIFA.

Persyaratan Kelayakan FIFA

Berdasarkan regulasi yang diatur dalam Pasal 8 Peraturan FIFA tentang kelayakan pemain untuk membela timnas, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pemain yang ingin mewakili suatu negara. Syarat tersebut di antaranya:

  1.  Pemain tersebut harus lahir di negara yang ingin diwakili.
  2.  Ibu atau ayah pemain lahir di negara tersebut.
  3.  Datuk atau nenek pemain lahir di negara tersebut.
  4.  Pemain tersebut telah menetap di negara tersebut selama lebih dari lima tahun.

Dalam kasus Deijl, keturunan Malaysia yang dimilikinya berasal dari moyangnya (ibu dari datuknya), yang lahir di Singapura ketika wilayah tersebut masih bagian dari Tanah Melayu.

Sayangnya, berdasarkan regulasi FIFA, hubungan keturunan dari moyang atau leluhur lebih jauh tidak dianggap memenuhi syarat kelayakan. FIFA hanya mengakui garis keturunan hingga generasi kakek-nenek.

BACA JUGA:Pelatih Timnas Senior STY, Sebut Jens Raven Belum Matang dan Masih Mentah 'Segitu Masih Kurang' di Senior!

Keputusan FIFA

FAM telah berusaha menghubungi FIFA secara resmi pada 23 September 2024 untuk mendapatkan pandangan terkait kelayakan Deijl melalui garis keturunan moyangnya.

Namun, FIFA menjawab melalui surat tertanggal 25 September 2024, yang menyatakan bahwa garis keturunan pemain di luar kakek-nenek tidak dapat digunakan sebagai dasar untuk memenuhi syarat bermain bagi timnas.

“Sayangnya, kewarganegaraan leluhur pemain di luar kakek-nenek (misalnya, moyang pemain) tidak memberi pemain tersebut kemungkinan untuk memenuhi syarat mewakili tim nasional Anda, karena daftar dalam Pasal 8 Paragraf 1 huruf c) Peraturan FIFA bersifat mengikat,” demikian pernyataan FIFA yang dikutip dalam surat balasannya.

Dengan demikian, FAM secara resmi mengonfirmasi bahwa Mats Deijl tidak dapat membela Timnas Malaysia karena keturunan Malaysia yang dimilikinya berasal dari moyang dan tidak sesuai dengan syarat yang ditetapkan oleh FIFA.
Apresiasi untuk Deijl dan Langkah FAM Selanjutnya

Meskipun gagal memenuhi syarat, FAM tetap menyampaikan apresiasinya kepada Deijl atas minat dan keinginannya untuk memperkuat Harimau Malaya. Keputusan ini tentunya mengecewakan bagi pihak pemain maupun FAM yang sudah berusaha melakukan proses verifikasi dengan teliti.

BACA JUGA:Naturalisasi Pemain Timnas Malaysia Gagal Total, FIFA Tolak Naturalisasi Mats Deijl

“FAM tetap berterima kasih kepada Mats Deijl atas minatnya untuk membela Timnas Malaysia. Namun, sayangnya, keinginan tersebut tidak dapat direalisasikan karena kendala regulasi yang ada,” kata juru bicara FAM.

Selain itu, FAM juga mengonfirmasi bahwa pihaknya telah menghubungi beberapa pemain lain yang dikabarkan memiliki keturunan Malaysia melalui platform media sosial. Namun, hingga saat ini, belum ada yang memenuhi kriteria dokumen dan kelayakan FIFA untuk dapat bermain di Timnas Malaysia.

Berita ini menggarisbawahi ketatnya regulasi FIFA dalam hal kelayakan pemain untuk membela tim nasional suatu negara, serta bagaimana garis keturunan harus sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Kasus Mats Deijl ini juga menjadi contoh bahwa keterkaitan sejarah dan keturunan tidak selalu cukup untuk memberikan hak bermain bagi sebuah timnas, tanpa adanya kepatuhan pada persyaratan yang berlaku.

BACA JUGA:28 Pemain Akan Dipanggil Shin Tae-yong untuk bermain di Bahrain, Hilgers dan Reijnders Sudah Termasuk!

Reaksi Publik

Kabar tentang tidak lolosnya Mats Deijl ini tentunya membuat geger penggemar di Malaysia dan juga di kalangan penggemar sepak bola internasional, terutama penggemar sepakbola Negeri Jiran tersebut.

Banyak netizen yang menyayangkan gagalnya naturalisasi Mats Deijl.

"Carilah yang dari England. Mesti lah Banyak" tulis Farid Syaiful

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: