Naturalisasi Pemain Timnas Malaysia Gagal Total, FIFA Tolak Naturalisasi Mats Deijl

Naturalisasi Pemain Timnas Malaysia Gagal Total, FIFA Tolak Naturalisasi Mats Deijl

Mats Deijl-instagram famalaysia-radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID - Nama Mats Deijl sempat menjadi sorotan di kalangan penggemar sepak bola Malaysia pada akhir Agustus 2024.

Pemain tersebut membela klub Go Ahead Eagles yang berlaga di Liga Belanda atau Eredivisie.

Pemain di kompetisi kasta tertinggi sepak bola negeri kincir angin itu, menarik perhatian karena rencana naturalisasinya untuk memperkuat tim nasional Malaysia.

Proses naturalisasi ini telah berlangsung sejak 27 Juni 2024.

BACA JUGA:28 Pemain Akan Dipanggil Shin Tae-yong untuk bermain di Bahrain, Hilgers dan Reijnders Sudah Termasuk!

Sejak saat itu, pembicaraan intensif antara Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), klub, agen, dan Mats Deijl terus berjalan guna memperlancar proses tersebut.

Dalam upaya ini, salah satu informasi yang mendasari adalah adanya garis keturunan Malaysia yang dimiliki oleh Deijl melalui nenek moyangnya, yakni ibu dari kakeknya.

Garis keturunan menjadi faktor penting bagi seorang pemain untuk bisa berpindah federasi dan membela suatu negara.

Sebab, ada ketentuan FIFA yang mengatur hal tersebut.

BACA JUGA:Bukti Cinta Kevin Diks kepada Indonesia, Punya Tato di Tangan agar Selalu Ingat dengan Negeri Leluhur Keluarga

Diketahui bahwa nenek moyang Deijl lahir di Singapura pada 24 Juni 1893, ketika Singapura masih menjadi bagian dari Malaysia.

FAM pun mengambil langkah lebih lanjut dengan menghubungi FIFA pada 23 September 2024 untuk memuluskan rencana naturalisasi ini.

Namun, dua hari kemudian, FIFA merespons dengan mengirim surat yang menegaskan bahwa Deijl tidak memenuhi syarat untuk dinaturalisasi dan bergabung dengan tim nasional Malaysia.

Banyak netizen menanyakan apa alasan FIFA tolak naturalisasi Mats Deijil, rupanya FIFA menilai berdasarkan pada hubungan keturunan yang dianggap terlalu jauh dari Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: