Vietnam Soroti Malaysia yang Akan Segera Naturalisasi Pemain Termahal di ASEAN, 'Sama dengan Indonesia'

Vietnam Soroti Malaysia yang Akan Segera Naturalisasi Pemain Termahal di ASEAN, 'Sama dengan Indonesia'

josh brownhill-Burnley-Official-radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID - Kesuksesan Indonesia dalam merekrut pemain naturalisasi tampaknya menginspirasi negara lain, termasuk negara tetangga, Malaysia.

Malaysia kini dikabarkan akan menaturalisasi pemain dengan nilai yang sangat tinggi di level Asia Tenggara.

Vietnam yang baru baru ini terkejut melihat langkah cepat yang diambil oleh Indonesia dengan merekrut Mees Hilgers, pemain berdarah Belanda yang memiliki nilai pasar yang sangat tinggi.

Nilai Hilgers yang mencapai Rp121,67 miliar jauh melampaui banyak pemain dari tim nasional Vietnam, yang membuat beberapa penggemar sepak bola Vietnam merasa terkejut sekaligus iri.

BACA JUGA:Justin Hubner Is Back! Prediksi Starting Lineup Kesebelasan Timnas Indonesia Melawan Australia

Namun, keterkejutan mereka belum selesai karena Malaysia kini tengah berupaya menaturalisasi Josh Brownhill, pemain keturunan Malaysia yang bermain di Championship Inggris.

Sementara itu, Vietnam mengalami kesulitan dalam mendapatkan pemain keturunan berkualitas yang berkarier di luar negeri.

Sebagai alternatif, Vietnam memilih menaturalisasi pemain asing. Dua pemain asal Brasil, Rafaelson dan Hendrio, disebut-sebut sedang dalam proses naturalisasi oleh Vietnam.

Kini, perhatian beralih ke Malaysia yang menarik minat dengan pemain keturunan yang memiliki nilai pasar tinggi. Josh Brownhill, pemain berusia 28 tahun dan kapten Burnley, yang saat ini berkompetisi di kasta kedua Liga Inggris, baru-baru ini mengejutkan publik Malaysia dengan pengakuannya mengenai garis keturunan Malaysia.

BACA JUGA:Media Vietnam Komentari Malaysia yang Hendak Naturalisasi Pemain Termahal di ASEAN 'Mau Saingi Indonesia'

Menurut laman resmi Transfermarkt, Josh Brownhill memiliki nilai pasar sekitar Rp260,72 miliar, angka yang sangat fantastis untuk level Asia Tenggara.

Hal ini membuat Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) semakin serius dalam memperkuat Timnas Malaysia, salah satunya dengan cara menambah pemain dari proses naturalisasi dan pemain keturunan.

Brownhill mengungkapkan bahwa ia memiliki garis keturunan Malaysia dari neneknya. Meski saat ini fokusnya masih pada karier klub, ia tidak menutup kemungkinan untuk membela Timnas Malaysia di masa depan.

"Saya dapat memastikan bahwa saya memiliki garis keturunan Malaysia melalui nenek saya, dan ini merupakan sesuatu yang sangat saya banggakan," ujar Josh Brownhill.

BACA JUGA:Jadi Pemain Termahal se Asean, Calon Pemain Naturalisasi dari Malaysia Ini Bernilai Rp260,72 Miliar

"Meski sampai saat ini saya fokus pada karier klub saya, kemungkinan mewakili Malaysia di level internasional adalah sesuatu yang terbuka untuk saya pertimbangkan," tambahnya.

Kabar ini memicu kekhawatiran publik Vietnam, terutama karena Brownhill memiliki nilai pasar yang jauh lebih tinggi dibandingkan pemain-pemain Timnas Vietnam.

Hal ini dianggap akan semakin menyulitkan Vietnam dalam menghadapi kompetisi di Piala AFF.

"Pemain dengan nilai pasar dua kali lipat lebih tinggi dari pemain Timnas Vietnam bisa bergabung dengan Timnas Malaysia. Ini hanya akan membuat Piala AFF semakin sulit bagi Kim Sang-sik dan Timnas Vietnam," tulis Soha.vn.

BACA JUGA:Gak Mau Kalah Dari Indonesia, Malaysia Siapkan 3 Pemain Naturalisasi Terbaru, Siapakah Mereka?

Jika Joshua Brownhill benar-benar dinaturalisasi oleh Malaysia, Brownhill akan menjadi pemain termahal di ASEAN dan juga tim harimau malaya diperkirakan akan menjadi lebih kuat di kawasan Asia Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: