Menanti Calon Pemain Naturalisasi yang Datang pada Jeda Matchday, Berinisial M dan Sudah Kumpulkan Dokumen 

Menanti Calon Pemain Naturalisasi yang Datang pada Jeda Matchday, Berinisial M dan Sudah Kumpulkan Dokumen 

Mauro Zijlstra calon pemain diaspora baru Timnas Indonesia semakin dekat dengan proses naturalisasi. -Instagram Story @maurozijlstra-radarindramayu.com

RADARINDRAMAYU.COM - Menanti calon pemain naturalisasi yang akan datang pada saat jeda FIFA Matchday, tepatnya hari ini 3 September 2024, sebelum Kualifikasi Piala Dunia 2026 round 3.

Waktu jeda tersebut merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi Timnas Indonesia, lantaran penambahan pemain seperti yang akan menjalani perpindahan kewarganegaraan.

"Pemain baru mungkin akan datang saat jeda matchday pada tanggal 3,4,5,6,7 September" ujar Exco PSSI Arya Sinulingga dalam kanal YouTube miliknya yang bertajuk Bebas Podcast. 

Pemain keturunan anyar skuad Garuda yang mungkin akan tiba, sudah mengerucut ke satu nama dengan inisial M, yaitu Mauro Zijlstra.

BACA JUGA:Jairo Riedewald Jadi Pemain Terakhir Naturalisasi, Siapakah yang Pertama?

Mauro Zijlstra merupakan pemain yang sangat punya peluang untuk menjalani naturalisasi, dengan berbagai alasan konkret yang mendukung, salah satunya garis keturunan yang jelas.

Diungkap oleh Mauro saat sedang mengobrol via panggilan online dengan Yussa Nugraha, striker 19 tahun ini memiliki garis keturunan dari sang Ayah yang berasal dari Kota Bandung, Jawa Barat.

Berarti tandanya, Zijlstra punya garis keturunan dari 1 generasi sebelumnya, jika ia memiliki 5 garis keturunan sebelumnya seperti dari buyut atau canggah, maka ia akan sulit untuk di naturalisasi. 

PSSI punya peraturan terkait naturalisasi, pun sesuai dengan aturan FIFA pasal 7, yang berbunyi "Pemain tidak bisa di naturalisasi, jika lebih dari 3 generasi atau artinya dari generasi sesudah kakek neneknya,"

BACA JUGA:Respek! Shin Tae-yong Mengizinkan Pemain Timnas Indonesia untuk Lakukan Umrah, Netizen: Auto Menang!

Selain memiliki garis keturunan yang jelas, ternyata pemain yang membela klub FC Volendam U21 ini sudah melakukan pengumpulan dokumen dan berkas yang akan diajukan kepada PSSI.

Diketahui dari kanal YouTube Yussa, Mauro sudah mengumpulkan dokumen guna mempercepat proses administrasi dirinya.

Perlu diketahui, jika calon pemain naturalisasi atau keturunan sudah mengumpulkan dokumen dan berkas penting, berarti proses naturalisasi nya hanya tinggal menunggu waktu saja. 

Namun, untuk bisa melakukan naturalisasi sepenuhnya, sang pemain anyar tersebut sekiranya harus tiba terlebih dahulu ke Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: