Indonesia vs Timor Leste: Kejar Rekor Sapu Bersih

Indonesia vs Timor Leste: Kejar Rekor Sapu Bersih

Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste pada laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2024. -pssi-radar cirebon.-RADAR INDRAMAYU

SURABAYA, RADARINDRAMAYU.ID - Menjadi pemuncak klasemen Grup A Piala AFF U-19 2024, Indonesia masih harus memperjuangkan kemenangan saat menjalani laga terakhir Grup A melawan Timor Leste, Selasa (23/7/2024).

Laga ini sangat penting bagi Skuad Garuda Nusantara untuk sapu bersih di laga penyisihan (siaran langsung SCTV/Indosiar pukul 15.00 WIB).

Indonesia kini berada di puncak klasemen Grup A dengan torehan 6 poin. Hasil ini sempurna dari dua laga. Kadek Arel dan kawan-kawan unggul 3 poin di atas Timor Leste dan Filipina, yang punya poin sama, yakni di posisi kedua dan ketiga.

Dengan fakta bahwa hanya satu tim dari tiga grup yang lolos otomatis ke semifinal, plus satu tim runner-up terbaik, Indonesia tidak boleh kalah saat menghadapi Timor Leste. Hasil imbang cukup untuk memastikan Garuda Nusantara tetap di puncak klasemen, dan lolos sebagai juara Grup A Piala AFF U-19 2024.

BACA JUGA:Sebelum Kemarau Datang, Upaya Antisipasi Kekeringan Gencar Dilakukan

Sebenarnya, dengan koleksi 8 gol dan belum kebobolan dalam 2 laga penyisihan, posisi Indonesia sulit untuk digeser Timor Leste yang sampai saat ini baru mencetak 3 gol dan sudah kebobolan 4 gol, alias minus satu gol dalam perhitungan selisih gol.

Namun, demi persiapan karena kemungkinan menghadapi tim yang kuat di semifinal Piala AFF U-19 2024, Indonesia lebih baik mengamankan puncak klasemen dengan tetap bermain maksimal dalam laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2024.

Di kubu lawan, Timor Leste yang sempat memetik kemenangan melawan Kamboja di laga pembuka, justru kalah dari Filipina pada matchday 2. Situasi itu membuat The Raising Sun harus bisa memetik 3 poin melawan Indonesia. Tidak hanya itu, Timor Leste mesti menang dengan skor besar agar bisa lolos ke fase knockout.

Untuk bisa menyalip Indonesia dalam urusan selisih gol, Timor Leste mesti menang 5-0. Jika The Raising Sun menang tipis dari Garuda Nusantara, mereka akan bersaing di klasemen runner-up terbaik dengan 6 poin. Ini sulit karena tim di Grup B punya Laos sebagai lumbung gol. Sedangkan tim Grup C memiliki Brunei Darussalam untuk jadi sasaran pesta gol.

BACA JUGA:Percepatan Penurunan Angka Stunting di Kecamatan Juntinyuat

Pelatih Indonesia U-19, Indra Sjafri mengaku puas atas dua kemenangan yang diraih anak asuhnya, masing-masing 6-0 atas Filipina dan 2-0 kontra Kamboja. Meski begitu, dia juga menyadari masih banyak hal yang perlu diperbaiki Garuda Nusantara, terutama dalam skema open play.

“Yang pasti peluang kami untuk lolos grup itu sudah sangat terbuka dan kami akan berpikir untuk pertandingan di babak selanjutnya,” kata Indra Sjafri, dikutip dari laman resmi PSSI.

Indonesia hampir memastikan lolos ke babak semifinal Piala AFF U19 2024 setelah menang 2 kali, dan total mengoleksi 6 gol, disertai surplus +8 gol. Jumlah poin Timnas U19 sudah tidak bisa disalip oleh tim lain di Grup A, maksimal hanya bisa disamai.

Dengan selisih gol yang dimiliki Garuda Muda saat ini adalah +8, Kadek Arel dan kawan-kawan hanya bisa digeser dari posisi teratas andai kalah dengan selisih minimal 4 gol dari Timor Leste. Ini sulit, karena The Raising Sun, sang lawan, bahkan kalah 2-0 dari Filipina yang dihajar Indonesia 6 gol tanpa balas.

BACA JUGA:Dedi Wahidi Mengusung Tagline 'Indramayu BERADAB'

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: