Aksi Hebat Perempuan- Perempuan Tangguh Pertamina Saat Atasi Kebakaran

Aksi Hebat Perempuan- Perempuan Tangguh Pertamina Saat Atasi Kebakaran

TANGGUH: Perempuan-perempuan tangguh Pertamina sedang mengikuti praktik padamkan api pada peringatan IFFD 2024 yang diadakan PT KPI RU VI Balongan, kemarin.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Kebakaran bisa saja terjadi dimana saja tidak mengenal tempat dan waktu, dan bisa menimpa siapa saja baik itu laki-laki atau perempuan. Apalagi kaum perempuan yang kesehariannya tidak jauh dari dapur beraktifitas dengan api, sehingga mereka harus memiliki keterampilan mengatasi kebakaran.

Dimomentum peringatan Hari Pemadam Kebakaran Internasional atau Internasional Fire Fighters Day (IFFD) 2024, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) mengadakan pelatihan pemadaman kebakaran di rumah tangga secara serentak yang pesertanya adalah kaum perempuan dari wilayah ring 1 Kilang Pertamina RU VI Balongan.

Berlokasi di komplek Bumi Patra Pertamina itu, Rabu (10/7). Sebanyak 208 orang, mereka berasal dari delapan desa sekitar Kilang Balongan dan Perumahan Bumi Patra Pertamina, para istri pekerja Pertamina, Asisten Rumah Tangga sekitar Komplek Pertamina Bumi Patra, hingga mitra Binaan RU VI, diberikan bagaimana cara memadamkan api disaat mereka memasak dan alat masaknya alami kebakaran.

Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI Unit VI Balongan Mohamad Zulkifli mengatakan kegiatan tersebut bertujuan kegiatan untuk mengedukasi masyarakat khususnya bagi para kaum perempuan pentingnya pengetahuan tentang cara memadamkan kebakaran di dapur. Khususnya bagi ibu-ibu yang dalam kesehariannya dekat dengan api saat memasak.

BACA JUGA:Kuwu Desa Palimanan Barat Ditangkap Sedang Nyabu

"Para ibu-ibu bisa melakukan langkah cepat dan tepat saat terjadi kebakaran awal, sehingga tidak menjadi kebakaran yang lebih besar," ujarnya.

Untuk menjaga keselamatan para Ibu-Ibu selama praktik pemadaman api, mereka didampingi oleh Tim Emergency and Insurance PT KPI RU VI Balongan saat peragakan proses pemadaman api pada wajan yang terbakar dengan menggunakan handuk yang telah di basahi terlebih dulu. Selain itu kegiatan itu pun sebagai pencatatan Rekor Muri dengan tema Peragaan Pemadaman Kebakaran di Rumah Tangga secara Serentak oleh Petugas Terbanyak.

"Rekor muri ini serentak dilaksanakan diseluruh Kilang Pertamina bersama anak perusahaan PT KPI secara total sejumlah 1.553 orang, tapi intinya melalui kegiatan ini para ibu-ibu punya kemampuan bagaimana bertindak atasi kebakaran di saat sedang memasak, agar tidak semakin besar," kata Zulkifli.

Sementara itu, Manager Health, Safety, Security and Environtment (HSSE) PT KPI Unit VI Balongan dr Nur Muhammad Marheliansyah mengungkapkan International Fire Fighters Day (IFFD) merupakan moment untuk mengingat dan menghormati jasa-jasa para petugas pemadam kebakaran di seluruh dunia.

BACA JUGA:PPK Kroya Gencarkan Sosialisasi Pilkada di 2 Desa

Selanjutnya di PT KPI RU VI Balongan peringatan IFFD dikemas dalam berbagai kegiatan salah satunya mengikutsertakan para ibu dari desa ring 1 Kilang Pertamina Balongan, hal itu sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat, karena sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara-cara bagaimana penanggulangan kebakaran kecil agar tidak semakin membesar.

"PT KPI membesarkan acara peringatan IFFD ini karena mengingatkan kita semua di Kilang sebagai perusahaan oil and gas  memiliki risiko kerja dan kebakaran tinggi di dunia, dan resiko kebakaran bisa juga terjadi dimana-mana termasuk di rumah, dari itulah para ibu dibekali kemampuan bagaimana cara atasi kebakaran," tukasnya. (oni)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: