Euro 2024 Italia vs Albania: Ujian Juara Bertahan

Euro 2024 Italia vs Albania: Ujian Juara Bertahan

--

DORTMUND, RADARINDRAMAYU.ID - Juara bertahan Italia akan meladeni Albania dalam laga perdana Grup B Euro 2024.

Duel kedua tim berlangsung di Signal Iduna Park (BVB Stadion Dortmund), Jerman, Minggu (16/6/2024) dini hari WIB dan dapat disaksikan melalui siaran langsung RCTI mulai pukul 02.00 WIB.

Italia datang ke Jerman mengusung sebuah misi besar. Juara Euro 2020 (2021) itu bertekad mempertahankan gelar juara. Grup B adalah grup neraka, di mana ada Kroasia dan Spanyol yang menjadi pesaing pasukan Luciano Spalletti pada Euro edisi kali ini.

Bagi kebanyakan orang, keberadaan Albania di Grup B Euro 2024 memang seolah hanya menjadi pelengkap. Tapi bukan tidak mungkin, Albania bisa membuat kejutan. Apalagi, ada sembilan pemain mereka yang bermain di Serie A Liga Italia.

BACA JUGA:Desa Cikawung Masuk 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi

Ya, Grup B memang menjadi grup neraka di Euro 2024. Italia merupakan juara bertahan, sedangkan Spanyol adalah kolektor Piala Eropa terbanyak bersama Jerman dengan total tiga trofi. Di sisi seberang, ada Kroasia merupakan runner-up Piala Dunia 2018 dan semifinalis Piala Dunia 2022 di Qatar.

Selain itu, Italia, Spanyol, dan Kroasia merupakan tiga negara terbaik di UEFA Nations League 2022/2023. Spanyol menjadi juara kompetisi tersebut sedangkan Kroasia merupakan runner-up. Berikutnya, Italia, menjadi juara ketiga usai mengalahkan Belanda.

Albania layaknya kurcaci di tengah kumpulan para raksasa. Lagipula, Jerman 2024 merupakan partisipasi kedua Albania di putaran final setelah Euro di Prancis tahun 2016. Oleh karenanya, tidak salah jika menempatkan Italia sebagai unggulan di pertandingan ini.

Akan tetapi, Italia tentu tidak cukup bodoh untuk menganggap Albania mudah dikalahkan. Jika sebuah negara bisa lolos ke putaran final Piala Eropa, pastinya mereka adalah tim kuat. Tidak terkecuali Georgia yang merupakan debutan dan Albania yang akan menjalani Piala Eropa keduanya.

BACA JUGA:Sinergi Kuatkan Ketahanan Pangan

"Ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Pada titik seperti ini di sebuah kompetisi, setiap lawan tidak mudah dihadapi dan mereka semua pantas ada di sini. Kami harus fokus pada diri sendiri dan tetap bersikap tenang," kata striker Italia, Gianluca Scamacca, dikutip dari laman resmi FIGC.

Albania tentu akan mencari kemenangan perdananya di Euro 2024 sekaligus kemenangan kedua mereka sepanjang sejarah turnamen ini. Pada 2016 lalu, mereka memang gagal lolos dari babak grup. Tapi satu kemenangan atas Rumania di laga terakhir fase grup membuat Albania batal menjadi juru kunci klasemen.

Albania akan menghadapi tempaan yang hebat di Grup B. Tapi, tanpa tempaan yang kuat, sulit bagi sebuah tim bisa berkembang. Jikapun gagal di turnamen ini, pengalaman yang didapat bisa bermanfaat bagi Albania jelang UEFA Nations League 2024-25 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Bagi saya, Italia adalah salah satu tim nasional terkuat. Kami tahu apa yang harus dilakukan dan kami punya modal lini tengah yang kuat. Kami menantikan pertandingan nanti dan melihat apa yang bisa kami lakukan," ujar gelandang Kristjan Asllani dikutip laman Asosiasi Sepakbola Albania.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: