Peragakan 37 Adegan Kasus Pembunuhan, Pelaku Hantamkan Batu ke Kepala Korban Hingga Tewas

Peragakan 37 Adegan Kasus Pembunuhan, Pelaku Hantamkan Batu ke Kepala Korban Hingga Tewas

REKONSTRUKSI: Para tersangka pembunuhan IM warga Desa Bakom melakukan rekonstruksi di Mapolres Kuningan, Rabu (12/6).-Agus Sugiarto-Radarkuningan.com

KUNINGAN, RADARINDRAMAYU.ID - Sebanyak 37 adegan dilakukan para tersangka kasus pembunuhan di Kabupaten KUNINGAN, Jabar. Para tersangka masing-masing memainkan peran saat menghabisi nyawa korban.

Lokasi proses rekontruksi sendiri berlangsung di Mapolres Kuningan, Rabu (12/6), disaksikan langsung Tim Kejaksaan Negeri Kuningan. Selain para tersangka, reka ulang adegan pembunuhan turut menghadirkan sejumlah saksi.

Kasus pembunuhan ini melibatkan seorang istri dengan korban tak lain suaminya sendiri. Korban sendiri berinisial IM (43) warga di Desa Bakom, Kecamatan Darma, Kuningan.

Kasat Reskrim Polres Kuningan AKP I Putu Ika Prabawa dalam keterangan persnya menyampaikan, jika lokasi rekonstruksi dilakukan di Mapolres Kuningan demi keamanan dan kelancaran. Adapun para tersangka yakni masing-masing berinisial Y (38) istri korban, AN (43) eksekutor, DS (32) dan DJ (29) berperan mengawasi situasi saat pembunuhan berlangsung.

BACA JUGA:PLN Sepakat Pinjam Pakai Lahan dengan United Power Bangun Infrastruktur Kelistrikan KEK Kendal

"Jadi kami bersama-sama kejaksaan melihat kegiatan rekonstruksi di Mapolres Kuningan. Sekarang proses masih berlangsung dan ada perencanaan sebanyak 37 adegan, namun ini masih bisa berkurang atau bahkan bertambah," terangnya.

Saat proses rekonstruksi, terlihat eksekutor melakukan pemukulan pertama diperagakan pada adegan ke lima. Kemudian usai itu, korban terkapar lemah.

Beberapa adegan selanjutnya, para tersangka ini terlihat lebih melakukan adegan interaksi satu sama lain. Namun tepat pada adegan ke 21, tersangka AN melakukan tindakan yang membuat korban tewas.

Yakni menghantamkan sebuah batu ke kepala korban saat kondisi terbaring lemah. Kemudian korban sempat sedikit terbangun, namun kembali dihantam batu pada adegan ke 22

BACA JUGA:Gandeng PT Surya Timur Sakti Jatim, PT Wulandari Bangun Laksana Tbk Apresiasi 43 Karyawan Terbaik

"Jadi adegan eksekusi sudah dilakukan oleh tersangka. Saksi juga kita hadirkan dari perwakilan desa maupun saksi mertua dan anak kandung korban," ungkapnya.

Sebelumnya, hasil penyelidikan petugas bahwa kasus tersebut merupakan pembunuhan berencana oleh istri korban sendiri. Salah satu pelaku yang berperan sebagai eksekutor bahkan sempat buron.
Tersangka AN sempat kabur ke Karawang, namun berhasil tertangkap saat pengejaran selama dua hari.

Seluruh pelaku merupakan warga Kuningan, mereka terancam hukuman seumur hidup dengan pasal yang disangkakan yakni Pasal 340 KUHPidana dan Pasal 55 ayat (2) KUHP. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: