Kegiatan di Cirebon, BPIP Ajak Generasi Muda Amalkan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Kegiatan di Cirebon, BPIP Ajak Generasi Muda Amalkan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

BPIP menggelar kegiatan pembinaan ideologi Pancasila bagi ratusan content creator dan content writer se Jawa Barat pada Kamis, 4 April 2024. -SENO DWI PRIYANTO-radarcirebon.com

CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melakukan pembinaan ideologi Pancasila bagi ratusan content creator dan content writer se-Jawa Barat.

Kegiatan yang digelar di Studio Kaliandra Radar Cirebon pada Kamis 4 April 2024 itu merupakan bagian salah satu peringatan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024.

Para peserta berasal dari wilayah Cirebon, Kuningan, Majalengka, Indramayu. Kemudian dari daerah lainnya seperti Tasikmalaya, Cianjur, Garut, Sumedang, Subang, Karawang, Bekasi, Bandung, dan lain-lain. Para content creator dan content writer itu diharapkan untuk turut serta dalam penguatan ideologi Pancasila, melalui kehidupan sehari-hari dan konten-konten yang diciptakannya.

Kehadiran para content creator dan content writer yang sebagian besarnya berasal generasi muda milenial itu diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam ruang-ruang media sosial di Indonesia. Pasalnya, dengan semakin pesatnya teknologi, arus informasi menjadi tak terbendung dan mengakibatkan generasi muda semakin sulit memahami nilai-nilai Pancasila.

BACA JUGA:Ratusan U-Turn di Sepanjang Pantura Indramayu Ditutup

Staf Khusus BPIP, Romo Antonius Benny Susetyo mengatakan bahwa saat ini, ruang-ruang media sosial dipenuhi dengan konten-konten yang berbau flexing dan lebih mengedepankan sensasi semata. Oleh karena itu, para content creator dan content writer ini diharapkan mampu memiliki wawasan yang luas, sehingga mampu mempengaruhi publik dengan nilai-nilai moral Pancasila.

“Teman-teman harus mampu membuat konten-konten yang humanis, fun dan menarik, tapi juga membuat orang semakin sadar dengan nilai-nilai moral Pancasila," kata Romo Benny Susetyo.

Sementara itu, Kepala Biro Fasilitasi Pimpinan, Hubungan Masyarakat dan Administrasi BPIP, Dr Mahnan Marbawi MA mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari penguatan publikasi peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024.

“Pembinaan ideologi Pancasila ini penting untuk content creator dan content writer yang rata-rata usianya mulai dari Generasi Z sampai dengan milenial. Sehingga mereka nantinya bisa menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kesehariannya maupun content yang dibuat untuk disebarluaskan,” katanya.

BACA JUGA:Bupati Nina Salurkan Ribuan Sepatu untuk Anak Sekolah

Pihaknya berharap acara tersebut tidak hanya selesai di dalam ruangan. Selesai pembekalan, tujuannya adalah melahirkan content creator dan content writer yang berkarakter Pancasila.

“Tanggung jawab menguatkan ideologi Pancasila itu bukan hanya berada di tangan negara, dalam hal ini BPIP saja, tapi juga kepada kita semuanya sebagai rakyat indonesia dengan tindakan sehari-hari," tandasnya.

Masih di kesempatan yang sama, CEO Radar Cirebon Group Yanto S Utomo mengapresiasi BPIP yang berkolaborasi dengan media di daerah sekaligus melibatkan para content creator dan content writer dari Radar Cirebon Group, Jabar Ekspres Group, dan Disway National Network (DNN) yang ada di Provinsi Jawa Barat.

Sedangkan Pj Walikota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi mengatakan kegiatan ini sangat positif, apalagi diikuti oleh anak-anak muda. “Penguatan ideologi Pancasila melalui kehidupan sehari-hari dan konten-konten yang diciptakan anak-anak muda ini harus dilakukan secara kontinyu. Dan kami pasti mendukung penuh,” kata Agus Mulyadi. (awr/adv)

BACA JUGA:Pemudik, Arus Lalu Lintas Jakarta Menuju Jawa Terus Meningkat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: