Bencana Longsor Terjadi di Giriwaringin, Akibatnya Tiga Rumah Rusak Parah Diterjang Longsor

Bencana Longsor Terjadi di Giriwaringin, Akibatnya Tiga Rumah Rusak Parah Diterjang Longsor

LonGsoR: Tiga rumah di Desa Giriwaringin, kecamatan maleber, kabupaten kuningan rusak parah akibat tertimbun longsor.-Agus Sugiarto-Radarkuningan.com

KUNINGAN, RADARINDRAMAYU.ID  - Beberapa hari terakhir ini kejadian kebencanaan menerjang sejumlah desa di Kabupaten Kuningan, Jabar. Kejadian itu berupa banjir, tanah longsor hingga pergerakan tanah.

Paling parah, kerusakan rumah akibat tertimbun longsor berada di Desa Giriwaringin, Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan. Setidaknya ada 3 rumah rusak parah akibat tertimbun longsor.

Kepala Desa Giriwaringin Sobarudin menyampaikan, laporan data sementara bencana alam di Desa Giriwaringin yakni berupa tanah longsor. Selain rumah warga, jalan penghubung antar desa setempat juga terdampak longsoran tanah.

“Ada 3 rumah warga rusak parah akibat longsor yakni atas nama Ibu Wasiti, Pak Juhardi, dan Pak Kasju. Kerugian korban diperkirakan mencapai kurang lebih Rp300 juta,” ungkapnya, dilansir dari Harian Umum Radar Cirebon Group, Rabu (6/3).

BACA JUGA:Siaga! Debit Air Sungai Cimanuk Meningkat

Selain itu, lanjutnya, bangunan rumah milik warga yang lain dengan kondisi rusak sedang berjumlah tiga unit. Kemudian ada 1 ekor sapi dan 9 ekor kambing milik warga turut tertimbun material longsoran tanah.

“Akses jalan Desa Giriwaringin dengan Desa Cilimusari juga terdampak longsor. Ini akibat ada dua titik longsor yang cukup parah di lokasi tersebut,” imbuhnya.

Selain bencana longsor, musibah banjir juga sempat melanda di sejumlah desa wilayah Kuningan. Salah satunya yakni di Desa Kananga, Kecamatan Cimahi, Kuningan.

Akibat hujan lebat yang terjadi pada Selasa (5/3) sore hingga malam membuat Sungai Cisanggarung meluap hingga menyebabkan banjir merendam ratusan rumah. Bahkan, Tim BPBD Kuningan langsung turun ke lokasi untuk melakukan penanganan darurat kebencanaan.

BACA JUGA: Tanggul Jebol, Banjir Rendam Sawah, Begini Imbauan Kapolsek Indramayu

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Indra Bayu Permana dalam keterangan persnya, mengatakan, kejadian banjir bermula saat hujan lebat yang hampir rata di Kuningan. Hujan tersebut membuat Sungai Cisanggarung meluap hingga menyebabkan banjir ke permukiman warga.

"Kami mendapat laporan kejadian banjir pada malam tadi, lokasinya di Desa Kananga, Kecamatan Cimahi. Sungai Cisanggarung meluap mengakibatkan banjir di 3 RT 1 RW, air masuk ke area permukiman warga," terangnya.

Pihaknya mencatat, ada sebanyak 121 rumah dengan 414 jiwa terdampak banjir dengan ketinggian 30 sentimeter hingga 1,5 meter. Hampir seluruh warga terpaksa mengungsi sementara hingga banjir surut kembali.

"Ada 121 rumah terendam banjir yakni di RT 3 ada 4 rumah, RT 2 ada 41 rumah, dan RT 1 ada 76 rumah. Mereka sementara mengungsi ke bangunan musala SDN 1 Kananga," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: