Gowes sebelum Ramadan; Tempuh 150 KM, Mulai dari Radar Cirebon-ke Radar Tegal 150 KM

Gowes sebelum Ramadan; Tempuh 150 KM, Mulai dari Radar Cirebon-ke Radar Tegal 150 KM

Sebanyak 150 goweser asal Cirebon memulai start dari Radar Cirebon dan finish di Radar Tegal, Minggu 3 Maret 2024. Foto: istimewa-radar cirebon.-ADE GUSTIANA-radarcirebon.com

CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID - Goweser Cirebon kembali menjajal trek Pantura: Cirebon-Tegal, Minggu 3 Maret 2024. Sejauh 150 kilometer (pulang-pergi). Cuaca terik dan terpaan angin tak jarang membuat sedikit oleng.

Start dari Radar Cirebon di Jalan Perjuangan, Kota Cirebon. Finish di Radar Tegal, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Tegal. Gowes ini diikuti 4 komunitas sepeda yang eksis di Cirebon. Jumlahnya sekitar 50-an goweser.

Start dimulai pagi. Pukul 06.00 WIB. Jalur Pantura yang lurus dan datar bukan trek baru bagi goweser. Tantangan yang dirasakan relatif sama. Yaitu, satu aspal dengan kendaraan besar.

Cuaca terik pagi menjelang siang membuat tenaga cepat terkuras. Belum lagi, terpaan angin di antara pemandangan hamparan sawah nan luas di sisi kanan dan kiri.

BACA JUGA:Lagi Konvoi, Geng Motor Tiba-Tiba Menyerang dan Merusak Rumah Warga

Inisiator gowes kemarin ternyata Yan Andrian. Owner Mekar Jaya Tani (MJT). Menurut Yan, gowes kemarin itu dalam rangka menjelang Ramadan saja. Karena saat Ramadan sebagian goweser tak bisa terlalu memforsir tenaga.

“Karena saat Ramadan paling agenda gowes tipis-tipis saja. Kemudian, paling acara buka puasa bersama (bukber)," kata Yan kepada Radar Cirebon lewat telepon kemarin.

Yan mengakui, bersepeda Cirebon-Tegal kemarin cukup menguras tenaga. Selain kondisi lintasan atau faktor alam, leader goweser terlalu menggeber dengkul. Maksimal mungkin. Sampai 40 kilometer/jam.  “Melelahkan, karena speed tinggi terus. Minimal 35 kpj, maksimal 40 kpj. Tukang tariknya nggak tanggung-tanggung," jelasnya.

Sejauh 75 kilometer sekali jalan. Tak ada istirahat, selain tujuan di Radar Tegal. Selalu jadi tradisi untuk menyantap hidangan yang telah disiapkan di Graha Pena Radar Tegal. Makan-makan, cemilan-cemilan. Sekadar meluruskan kaki atau membasahi kepala dengan air.

BACA JUGA:Suzuki Tambahkan Vaian Pelumas ECSTAR OIL 0W-16 SN Untuk Lengkapi JIMNY 5-DOOR

“Nggak ada halangan, semua berjalan lancar. Hanya saya, sejauh 125 kilometer karena finishnya di Gebang (rumah Yan, red)," tukasnya.

Sampai di Gebang pukul 12.00 WIB. Sementara goweser lain menuntaskan perjalanan hingga kembali ke Radar Cirebon. Kesempatan kemarin, 1 mobil pickup standby membuntuti goweser. (ade)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: