Komitmen Setop Kasus Stunting, Edukasi Kesehatan Anak-Anak dengan Simulasi Nutrisi Sehat

Komitmen Setop Kasus Stunting, Edukasi Kesehatan Anak-Anak dengan Simulasi Nutrisi Sehat

STOP Stunting: Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi D3 Keperawatan Politeknik Negeri Indramayu (Polindra) foto bersama anak-anak di Panti Saung Sahabat Anak Indramayu, belum lama ini.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi D3 Keperawatan Politeknik Negeri Indramayu (Polindra) menyelenggarakan kegiatan pendidikan kesehatan pada masyarakat di Desa Temiyang Kecamatan Kroya, belum lama ini.

Bertempat di Panti Saung Sahabat Anak I Indramayu, kegiatan tersebut merupakan wujud dari partisipasi dosen pegawai negeri Kemendikbudristek terhadap penanganan stunting pada anak-anak melalui edukasi kesehatan dengan simulasi nutrisi sehat.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Prodi D3 Keperawatan Polindra, Evi Supriatun SKepNs MKep bersama dengan anggota penelitiannya Dr Marsono MPd dan Nafisah Itsna Hasni MPsi Psi menyampaikan informasi tentang pentingnya nutrisi yang sehat pada anak-anak di Panti Saung Sahabat Anak Indramayu didampingi oleh orang tuanya.

Dikatakan Evi, salah satu faktor yang menyebabkan adanya kejadian stunting pada anak adalah kurangnya nutrisi yang sehat pada makanan yang dikonsumsi anak-anak.

BACA JUGA:Kurang dari 12 Jam, Polres Indramayu Tangkap Pelaku Pemerkosaan Anak di Bawah Umur

Menurutnya, hal tersebut diketahui dari kebiasaan sarapan dan jajanan yang biasa dipilih oleh anak-anak baik di sekolah maupun ketika di rumah.

“Faktor nutrisi sehat juga dipengaruhi oleh kurangnya informasi tentang pentingnya nutrisi yang sehat pada pertumbuhan anak-anak balita oleh orang tua,” terangnya.

Pada kegiatan tersebut peserta kegiatan  terlihat sangat menyimak dengan baik, penjelasan dari pemateri tentang apa itu makanan yang sehat dan manfaatnya. Selain itu, mereka juga menunjukkan  mampu memilih makanan-makanan yang sehat ketika dihadapkan pada beberapa contoh-contoh makanan yang biasa dikonsumsi oleh anak-anak.

Para orang tua yang mendampingi anak-anak selama edukasi kesehatan juga terlibat aktif dalam sesi diskusi. Beberapa menanyakan solusi ketika anak-anak balita mulai mengalami sulit makan.

BACA JUGA:Kapolri Larang Tilang Manual Selama Libur Nataru

Kemudian, sebagian yang lainnya juga menyatakan baru menyadari pentingnya nutrisi yang sehat pada anak, terhadap pertumbuhan anaknya.

Sementara itu, Kepala Panti Saung Sahabat Anak Indramayu, M Adi Wijaya mengucapakan terima kasih kepada Tim Pengabdian Masyarakat Prodi D3 Keperawatan Politeknik Negeri Indramayu (Polindra) atas informasi kesehatan tentang pentingnya nutrisi yang sehat untuk mencegah stunting.

“Kami sangat berterima kasih adanya kunjungan dari dosen Prodi D3 Keperawatan Politeknik Negeri Indramayu, yang telah memberikan kepada kami makanan yang sehat dan susu pada anak-anak di Panti Saung Sahabat Anak.

“Semoga kita semua bisa mendukung agar anak-anak selalu bisa mendapatkan makanan yang sehat agar kita semua dapat mencegah stunting,” katanya. (oni/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: