Sudah Pernah Konsumsi Susu Ikan? Ternyata di Indonesia Baru Diproduksi di Indramayu

Sudah Pernah Konsumsi Susu Ikan? Ternyata di Indonesia Baru Diproduksi di Indramayu

Peluncuran Susu Ikan dilaksanakan pada kegiatan 'Merdeka Protein' oleh Menteri Koperasi Teten Masduki dan Bupati Indramayu Nina Agustina di Pabrik HPI Plant Kecamatan Kandanghaur, Selasa 15 Agustus 2023.-Utoyo Prie Achdi-Radar indramayu

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Susu sapi tentu sudah biasa dikonsumsi. Susu kambing juga sudah mulai banyak disuka. Bagaimana dengan susu ikan? Mungkin terdengar aneh. Tapi ternyata saat ini juga sudah ada dan bisa dinikmati. 

Indonesia kini memiliki produk inovatif karya anak bangsa yaitu Susu Ikan.  Produk tersebut merupakan pertama di Indonesia dan berasal dari Kabupaten Indramayu. Dengan Susu Ikan diharapkan dapat meningkatkan kandungan gizi masyarakat Indonesia.

Peluncuran Susu Ikan dilaksanakan pada kegiatan 'Merdeka Protein' oleh Menteri Koperasi Teten Masduki dan Bupati Indramayu Nina Agustina di Pabrik HPI Plant Kecamatan Kandanghaur, Selasa 15 Agustus 2023.

Teten Masduki menjelaskan, kehadiran produk susu ikan yang dihasilkan dari perikanan Kabupaten Indramayu ini merupakan kabar baik untuk peningkatan gizi di Indonesia. 

BACA JUGA:Bupati Nina Raih Penghargaan untuk Petani dan Masyarakat Indramayu Satu-satunya dari Jawa Barat

BACA JUGA:Sat Narkoba Menyita Puluhan Botol Miras

Sebagai dukungan terhadap program ekonomi Indonesia yang digagas oleh Presiden RI Joko Widodo, Kabupaten Indramayu dengan potensi perikanannya akan dijadikan pilot project hilirisasi produk laut berbahan baku lokal.

"Kita jadikan Indramayu sebagai pilot project hilirisasi produk laut berbahan baku lokal, sebagai dukungan kepada program ekonomi yang digagas oleh Presiden Joko Widodo," kata Teten.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono yang hadir secara virtual mengatakan, kehadiran produk susu ikan di Indonesia yang berasal dari Kabupaten Indramayu ini diharapkan menjadi kebangkitan UMKM sektor perikanan. 

Pasalnya, banyak sekali produk olahan ikan yang bisa dijadikan sebagai makanan tambahan atau jajanan anak yang lebih sehat karena memenuhi standar gizi. 

BACA JUGA:Resmi Dilantik, H Afandi SPd Pimpin SMK Muhammadiyah Kandanghaur

BACA JUGA:Wagub Uu Dialog Penguatan Nilai Budaya Lokal di Goa Sunyaragi

Sementara itu Bupati Indramayu, Nina Agustina mengatakan, pemanfaatan olahan hasil laut dapat meningkatkan status gizi masyarakat sebagai parameter kesejahteraan. 

Saat ini angka konsumsi ikan di Kabupaten Indramayu tahun 2022 sebesar 58,50 kilogram perkapita per tahun. Angka ini di atas angka konsumsi ikan Jawa Barat sebesar 37 kilogram perkapita per tahun, namun masih berada di bawah angka konsumsi ikan nasional, yaitu sebesar 59,53 kilogram perkapita pertahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: