Alhamdulillah, Pekan Depan Calhaj 2023 Terbang dari Bandara Kertajati

Alhamdulillah, Pekan Depan Calhaj 2023 Terbang dari Bandara Kertajati

PErDaNa: Penumpang berada di ruang tunggu Bandara Kertajati saat penerbangan perdana rute Kertajati-Kuala lumpur, rabu (17/5). Kini, Bandara Kertajati juga bersiap melayani penerbangan haji yang akan dilakukan mulai pekan depan.-Baehaqi-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARINDRAMAYU.ID - Bandara Kertajati bakal makin sibuk. Setelah dibuka penerbangan Kertajati-Kualalumpur, selanjutnya akan melayani penerbangan jamaah haji. Bahkan mulai pekan depan, calhaj sudah mulai diterbangkan ke Tanah Suci dari Bandara Kertajati. Mereka yang diterbangkan dari Kertajati adalah calhaj dari 6 daerah di Jawa Barat.

Ada 8.968 jamaah haji dari 6 daerah di Jawa Barat yang akan terbang ke Tanah Suci dari Kertajati. Mereka juga nantinya pulang ke Tanah Air melalui bandara yang sama.

Enam daerah yang jamaah hajinya melalui Kertajati adalah Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Sumedang.
Sebagaimana rilis resmi Kemenag, penerbangan haji perdana dimulai 24 Mei 2023. Sementara khusus untuk

Embarkasi Kertajati, akan memulai penerbangan calhaj perdana pada 28 Mei 2023. Jamaah  nantinya akan masuk Asrama Haji Indramayu pada Sabtu 27 Mei 2023 pukul 20.00 WIB dan esok harinya atau Minggu 28 Mei 2023 terbang ke Tanah Suci dari Kertajati pad pukul 21.05 WIB.

PT ANGKASA PURA II SUDAH SIAP

Sementara itu, ada 6 Bandara di lingkungan AP (Angkasa Pura) II akan melayani penerbangan para jamaah haji di tahun 2023.

Ke 6 bandara di lingkungan AP II yang melayani penerbangan haji itu antara lain Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Minangkabau (Padang), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), Bandara Kertajati (Majalengka), dan Bandara Kualanamu (Medan).

Dalam keterangannya, President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan koordinasi telah dilakukan dengan berbagai pihak guna memastikan kelancaran keberangkatan dan kepulangan jamaah haji.

“Koordinasi dilakukan dengan seluruh stakeholder antara lain Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, Kementerian Agama, Kantor Imigrasi, Bea dan Cukai, TNI, Polri, AirNav Indonesia,” kata Muhammad Awaluddin.
“Koordinasi juga dengan maskapai dan ground handling agar keberangkatan jamaah ke Tanah Suci dapat dilakukan dengan baik, mulai dari asrama haji hingga ke bandara AP II untuk kemudian berangkat ke Tanah Suci,” sambungnya.

Muhammad Awaluddin mengatakan sebanyak 6 bandara AP II tersebut akan menjadi embarkasi untuk 236 kloter. “AP II melayani penerbangan haji sebanyak 236 kloter atau 44 % dari total kloter di Indonesia pada periode Haji 1444 H/2023 M. Total, jamaah haji yang berangkat melalui 6 bandara di lingkungan AP II adalah sebanyak 91.358 jemaah atau sekitar 44% dari total jemaah di Indonesia yang berangkat pada tahun ini,” jelas Muhammad Awaluddin.

“Seluruh fasilitas pelayanan dan operasional dipastikan baik untuk melayani penerbangan haji. Koordinasi erat juga dilakukan di antara seluruh stakeholder di bandara-bandara AP II. Kami optimistis penerbangan haji 2023 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar di bandara AP II untuk mengantarkan jemaah haji beribadah di Tanah Suci,” lanjutnya.

Bandara Kertajati juga memastikan kesiapan seluruh fasilitas dan layanan untuk menyambut jamaah haji dan mendukung penerbangan haji.

Executive General Manager Bandara Internasional Kertajati mengatakan Bandara Internasional Kertajati menjadi embarkasi untuk 24 kloter dengan 8.968 jamaah haji.

“Kami memohon dukungan dan doa kepada seluruh masyarakat agar Bandara Internasional Kertajati dapat dengan baik menjadi embarkasi bagi para jamaah haji tahun ini. Bandara Internasional Kertajati akan memberikan pelayanan terbaik untuk mengantarkan jemaah haji menuju Tanah Suci,” ujar Nuril Huda, EGM Bandara Internasional Kertajati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: