Bukan Hanya Kartu Kuning dan Kartu Merah, Ternyata Ada Kartu Putih di Sepak Bola

Bukan Hanya Kartu Kuning dan Kartu Merah, Ternyata Ada Kartu Putih di Sepak Bola

ilustrasi kartu putih di sepak bola-utoyo prie achdi-

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Dalam sepak bola selama ini kita hanya mengenal Kartu Kuning dan Kartu Merah. Kartu Kuning diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran keras. Sedangkan Kartu Merah diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran keras dan membahayakan, atau pemain yang mendapatkan Kartu Kuning dua kali di sebuah pertandingan.

Namun ternyata ada juga Kartu Putih di sepak bola, dan kejadian ini baru terlihat belum lama ini. Tentu saja sangat mengejutkan dan mengundang perhatian.

 

Kejadian ini berlangsung pada Sabtu, 21 Januari 2023 lalu, dan ini menjadi hari bersejarah dalam dunia sepak bola. Untuk pertama kalinya wasit mengeluarkan Kartu Putih, saat pertandingan sepak bola antara Sporting Lisbon vs Benfica di Portugal.

Berbeda dengan Kartu Kuning dan Kartu Merah yang diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran, Kartu Putih justru memiliki arti sebaliknya.

 BACA JUGA:Pembangunan Jalan Tol Akses Patimban Segera Dimulai

BACA JUGA:Inilah Jadwal SIM Keliling Polres Indramayu Hari Ini

Kartu Putih ditunjukkan sebagai pengakuan wasit atas perilaku pemain dan offisial klub yang baik dan sportif saat pertandingan berlangsung. Hanya saja, untuk saat ini Kartu Putih hanya digunakan di Portugal.  

Negaranya Christiano Ronaldo ini ternyata  memperkenalkan Kartu Putih dalam sepakbola sebagai bagian dari rangkaian inisiatif baru. Yaitu untuk meningkatkan nilai etis dalam olahraga. Langkah tersebut dilakukan Federasi Sepak Bola Portugal.

Seperti diketahui, selama ini dalam sepak bola menggunakan Kartu Kuning dan Kartu Merah untuk mendisiplinkan pemain atas pelanggaran yang dilakukan. Kedua kartu ini mulai digunaan saat Piala Dunia1970, guna menakan jumlah pelanggaran dan gangguan saat pertandingan.

Sementara Kartu Putih baru muncul untuk yang pertama kalinya didepan publik pada Sabtu, 21 Januari 2023. Kartu ini dikeluarkan oleh wasit Catarina Campos saat memimpin pertandingan Piala Antar Klub Perempuan antara Sporting Lisbon dan Benfica di Lisbon.

 BACA JUGA:Kang Emil Tegaskan Jabar Jangan Sampai Impor Beras

Wasit Catarina Campos mengeluarkan Kartu Putih setelah seseorang di tribun jatuh sakit, dan staf medis dari kedua tim dengan cepat membantunya.

Semoga apa yang dilakukan Federasi Sepak Bola Portugal ini bisa menginspirasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan kepengurusan barunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: