Timnas Indonesia Menang 2-1 Atas Filipina. Sayang, Penyelesaian Akhir Masih Buruk !

Timnas Indonesia Menang 2-1 Atas Filipina. Sayang, Penyelesaian Akhir Masih Buruk !

Espresi pemain Timnas Indonesia, Marcelino Ferdinand dkk usai mencetak gol ke gawang Filipina, Senin, 2 Januari 2023 malam-IG@pssi-

MANILA, RADARINDRAMAYU.ID – Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Filipina dengan skor tipis 2-1 ,  dalam pertandingan Piala AFF 2022 Grup A yang berlangsung di Manila, Senin, 2 Januari 2023.

 

Dua gol Timnas Indonesia masing-masing dicetak Dendy Sulistyawan melalui tandukan kepala, dan tendangan Marcelino Ferdinand pada babak pertama.

 

Kemenangan ini membuat Indonesia lolos ke semifinal mendampingi juara Grup A, Thailand. Indonesia sebenarnya memiliki nilai sama dengan Thailand yakni 10, namun selisih gol Thailand lebih baik dari Timnas Indonesia.

 

Meski berhasil menang atas Filipina dan lolos ke semifinal, permainan Timnas Indonesia secara keseluruhan masih belum memuasakan.

 BACA JUGA:Tingkat Konsumsi Rokok Lebih Tinggi dari Telur dan Ayam. Pemerintah Kembali Naikan Harga Rokok Per 1 Januari

Penyelesaian akhir (finishing) yang buruk masih menjadi salah satu kendala para pemain timnas. Mereka beberapa kali mampu membangun serangan dengan apik dan menciptakan banyak peluang namun gagal menjadi gol.

 

Sejumlah pemain juga terlihat egois dan ingin menciptakan gol sendiri. Padahal ada pemain lain yang posisinya cukup bebas, namun tidak dikasih bola.

 

Pertandingan Indonesia vs Filipina berlangsung seru. Filipina yang bermain di kandang sendiri, diluar dugaan tampil luar biasa. Mereka langsung menggebrak sejak babak pertama dimulai.

 

Melalui serangan yang cukup cepat dengan umpan-umpan panjang, serangan para pemain Filipina membuat repot Fachrudin dan kawan-kawan yang menjaga lini belakang.

 BACA JUGA:Mengawali Tahun 2023, XL Axiata Hadirkan BACA JUGA:Mengawali Tahun 2023, XL Axiata Hadirkan

Indonesia akhirnya mampu mencetak gol pertama melalui Dendy Sulistyawan. Gol ini berawal dari  bola lemparan ke dalam yang dilakukan Pratama Arhan. Seperti biasaya, Arhan melempar bola langsung ke mulut gawang Filipina.

 

Bola langsung disambut oleh Dendy Sulistyawan dengan tandukan kepala dan masuk ke gawang Filipina. Keunggulan 1-0 membuat anak-anak asuhan Shin Tae Yong semakin percaya diri.

 

Witan Sulaeman dan kawan-kawan terus melakukan serangan ke gawang Filipina. Gol kedua akhirnya tercipta melalui pemain asal Persebaya, Marcelino Ferdinand. Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

 

Babak kedua para pemain Indonesia kembali mendominasi permainan. Pelatih Shin Tae Yong juga mengganti beberapa pemain untuk melakukan penyegaran. Saddil Ramdhani digantikan Egy Maulana Vikry dan Witan Sulaeman digantikan Yacob Sayuri.

 

Pergantian pemain juga dilakukan pelatih Filipina di babak kedua. Sejumlah pemain yang masih segar diturunkan, dan membuat permainan kedua tim semakin bergairah.

 BACA JUGA:Luna Maya ternyata keturunan Cirebon dari sang kakek yakni Soedjono yang merupakan warga Desa Pegagan

Di babak kedua Indonesia juga banyak sekali menciptakan peluang. Namun lagi-lagi gagal menjadi gol. Sebaliknya Filipina, yang hanya mengandalkan serangan balik cepat mampu bermain efektif. Filipina justru mampu mencetak gol balasan di saat anak-anak Garuda berambisi menambah gol.

 

Melalui serangan balik cepat, Filipina mampu mencetak gol balasan dan merubah skor menjadi 1-2 melalui gol Sebastian Rasmussen. Gol balasan yang lahir di menit-menit akhir membuat tim tuan rumah kembali bangkit. Serangan-serangan mereka sangat merepotkan Rizki Ridho cs yang menjadi tembok di lini belakang Indonesia.

 

Beruntung wasit membunyikan peluit panjang setelah pertandingan berlangsung selama 95 menit, dan membuat Indonesia mampu mempertahankan kemenangan.

 

Usai pertandingan, pelatih Shin Tae Yong mengaku sangat kesal dengan penyelesaian akhir yang buruk.

 

Padahal menurutnya, Timnas Indonesia sudah diberikan evaluasi besar selepas pertandingan pertama fase grup melawan Kamboja.

 

“Pertama saya ingin menyampaikan selamat kepada para pemain berhasil tembus semifinal. Tetapi saya tidak puas dengan hasil pertandingan. Saat ini, saya tidak senang,” ujar Shin dalam konferensi pers usai pertandingan, Senin, 2 Januari 2023.

 

Dengan hasil ini, Indonesia yang hanya menjadi runer up Grup A, akan bertemu juara Grup B, yang kemungkinan besar adalah Vietnam.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: