Tinjau Bendung Rentang, Berharap Tak Ada Lagi Persoalan Air

Tinjau Bendung Rentang, Berharap Tak Ada Lagi Persoalan Air

Sejumlah pekerja melakukan pekerjaan perawatan rutin Bendung Rentang yang berada di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Sabtu, 12 November 2022. Mereka bisa bekerja dengan nyaman berkat perlindungan yang aman. -Utoyo Prie Achdi-

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Menjelang musim tanam 2022/2023, anggota Komisi V DPR RI, H Dedi Wahidi melakukan kunjungan ke Bendung Rentang di Majalengka, Jawa Barat, belum lama ini.

 

Kunjungan kali ini tidak lain untuk memastikan kondisi air bagi para petani di Kabupaten Indramayu. Dedi Wahidi berharap ke depan petani Indramayu tidak lagi menghadapi masalah kekurangan air, seperti yang sering terjadi beberapa tahun lalu.

 

Pasalnya selain sudah ada Bendungan Jatigede di Sumedang yang memiliki kapasitas air berlimpah, juga akan didukung oleh Bendung Rentang, yang akan mengatur distribusi air menuju Kabupaten Indramayu, Majalengka, Cirebon, dan sekitarnya.

 BACA JUGA:Herman Khaeron : Kemitraan UMKM – BUMN Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Bendung Rentang saat ini mengairi areal layanan seluas lebih dari 87.840 Ha yang meliputi tiga Kabupaten.Yakni Kabupaten Majalengka (2 kecamatan), Kabupaten Cirebon (11 Kecamatan) dan Kabupaten lndramayu (24 Kecamatan), dengan dua aliran daerah layanan yaitu Rentang Kanan (35.545 Ha) dan

Rentang Kiri (51.294 Ha).     

 

Sementara itu dalam kunjungan ke Bendung Rentang Majalengka, kondisi Bendung Rentang ternyata masih dalam masa pemeliharaan. Kondisi air terlihat sudah dikuras, dan sejumlah pekerja terlihat sedang melakukan pekerjaan pemeliharaan.

 

Diantaranya mengecek bangunan-bangunan air yang selama ini terendam, pengecekan daun pintu, pelumasan, pengecatan dan lain-lain. “Pekerjaan pemeliharaan ini rutin dilakukan setiap tahun,” ungkap salah seorang pekerja.(oet)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: