Ajak Lansia, Rumah Zakat Tanam Pohon Mangrove

Ajak Lansia, Rumah Zakat Tanam Pohon Mangrove

CEGAH ABRASI: Rumah Zakat Desa Berdaya Tegalurung melakukan aksi tanam pohon mangrove di Pesisir Pantai Desa/Kecamatan Balongan, kemarin.-ANANG SYAHRONI-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Untuk menjaga ekosistem biota laut, Rumah Zakat mengajak para lansia binaannya melakukan aksi tanam pohon mangrove di Pesisir Pantai Desa/Kecamatan Balongan, kemarin.

Relawan Inspirasi Rumah Zakat, Lastri Mulyani mengatakan, penanaman mangrove di Pesisir Pantai Desa Balongan dengan melibatkan para lansia binaan merupakan gerakan peduli lingkungan di Hari Menanam Nasional (HMN) tahun 2022, yang setiap tahun diperingati pada tanggal 28 November.

“Jumlah bibit pohon mangrove yang kami tanam kali ini sebanyak 1.700 batang. Penanamannya oleh para lansia binaan kami, dan melibatkan Pemdes Balongan,” kata Lastri.

Selain menjaga ekosistem biota laut, lanjutnya, tujuan dari penanaman bibit mangrove juga untuk mengurangi dampak pemanasan global, mencegah banjir, mencegah abrasi dan mencegah erosi.

BACA JUGA:Jadwal SIM Keliling Hari Ini Ada di Polsek Kandanghaur Ya…!

“Alhamdulillah saya beserta masyarakat Desa Balongan bisa melaksanakan kegiatan menanam pohon, semoga bisa bermanfaat untuk warga sekitar. Kami akan terus melakukan hal yang sama di tahun-tahun berikutnya karena ini sudah jadi agenda tahunan dari Rumah Zakat,” tuturnya.

Lastri berharap, melalui gerakan tanam seribu pohon mangrove dapat menggugah masyarakat terutama yang tinggal di Pesisir Pantai Indramayu agar tergerak menjaga lingkungannya, menjaga kelestarian pantai.
Hal itu sebagai langkah konkret dalam menjaga bumi dari dampak pemanasan global.

“Pada umumnya untuk seluruh masyarakat Indramayu juga karena untuk mengurangi dampak global warming salah satu dengan melakukan penanaman pohon di sekitar pekarangan, bukan saja dipesisir pantai,” tukasnya.

BACA JUGA:Brazil dan Portugal Susul Prancis ke 16 Besar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: