Bupati Sukses Gulirkan Kruwcil, Gandeng Bank BJB, Salurkan Bantuan Modal bagi UMKM

Bupati Sukses Gulirkan Kruwcil, Gandeng Bank BJB, Salurkan Bantuan Modal bagi UMKM

BERPOSE: Tampak para pelaku UMKM saat menerima permodalan lewat Program Kruwcil, kemarin. Program ini membantu pelaku UMKM di Indramayu.--

Radarindramayu.id, INDRAMAYU- Masyarakat Indramayu menyambut baik sepuluh program unggulan yang sudah dilaksanakan Bupati Hj Nina Agustina SH MH CRA.
Salah satu dari sepuluh program unggulannya adalah Kredit Usaha Warung Cilik (Kruwcil).

Program ini dinilai sudah benar-benar dirasakan oleh masyarakat, terutama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Staf Bupati Indramayu bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Ato Susanto menjelaskan, animo masyarakat terhadap program Kruwcil terbilang besar.

Sejak disosialisasikan kepada masyarakat hingga kini sudah memasuki tahun kedua kepemimpinan Bupati Nina, para pelaku UMKM yang sudah mendapat bantuan permodalan Kruwcil, hingga ribuan orang.

BACA JUGA:Hari Ini Indramayu Tepat Berusia 495 Tahun. Momen Introspeksi dan Evaluasi di Tengah Riuhnya Prestasi

Program Kruwcil ini, lanjutnya, bekerjasama dengan bank bjb Cabang Indramayu yang selama konsen dalam pemberian kredit usaha kecil bagi pelaku usaha. Hal ini, katanya, untuk mendorong perekonomian wong cilik, melalui bank bjb yang nilainya mulai dari Rp500.000 sampai dengan Rp5.000.000.

“Penyaluran kredit bagi pelaku usaha mikro yaitu disalurkan melalui bank BJB Cabang Indramayu, dan bank BJB Cabang Patrol,” jelasnya.

Ditanya terkait tugas Diskopdagin, Ato menyatakan, hanya mendampingi pada saat penandatanganan  akad kredit realisasi Kruwcil bersama tim ekonomi bupati. “Adapun tugas Diskopdagin adalah menerima laporan bulanan dari bank BJB Cabang Indramayu dan Cabang Patrol,” ungkapnya.

Selanjutnya, Diskopdagin memberikan laporkan kepada bupati Indramayu karena Program Kruwcil adalah program bupati dalam membantu masyarakat Indramayu, terutama dari sisi permodalan.

BACA JUGA:Ini Kesalahan 3 Anggota Polri Jadi Tersangka Tragedi Kanjuruhan

Untuk saat ini, lanjut dia, capaian kinerja Program Kruwcil bagi pelaku usaha mikro yang sudah mendapatkan pinjaman sampai dengan bulan September 2022 sebanyak 1.330 orang dengan realisasi anggaran sebesar Rp5.400.800.000.

Rinciannya, penyaluran Kruwcil melalui Bank BJB Cabang Indramayu sebanyak 171 orang dengan realisasi anggaran sebesar Rp707.000.000.

Dimana, sebanyak 57 orang dengan total anggaran sebesar Rp272.000.000 telah melakukan pelunasan Kruwcil sehingga Kruwcil yang masih eksis saat ini berjumlah114 orang dengan anggaran sebesar Rp435.000.000.

Untuk saat ini, pengajuan Kruwcil masih berlanjut dan program Peri (Perempuan Berdikari ) penggajuan sebanyak 33 orang  dengan pelunasan 4 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: