Pemkot Cirebon Bakal Gelar Acara Puncak Hari Jadi Cirebon ke-653 di Alun-alun Sangkala Buana Kasepuhan

Pemkot Cirebon Bakal Gelar Acara Puncak Hari Jadi Cirebon ke-653  di Alun-alun Sangkala Buana Kasepuhan

Alun-alun Sangkala Buana Kasepuhan Cirebon bakal dipakai perayaan puncak Hari Jadi Cirebon ke 653.--

Radarindramayu.id, CIREBON-Puncak perayaan Hari Jadi Cirebon ke 653 bakal digelar di lapangan Alun-alun Sangkala Buana Kasepuhan Cirebon.

Banyak kesenian tradisional dari Cirebon maupun luar Cirebon dan petunjuk musik kolosal yang akan ditampilkan di Alun-alun Sangkala Buana ini.

"Kegiatan di Alun-alun Sangkala Buana Kasepuhan ini akan kami gelar selama tiga hari. Acaranya kita menampilkan seni Nusantara yang menghadirkan kesenian dari Cirebon maupun luar Cirebon.

Kemudian, pada satu malam terakhir kita dengan menampilkan juga Charly Setia Band yang akan bergabung dalam acara musik kolosal religi,"ungkap Kadini selaku Ketua Panitia Hari Jadi Cirebon yang juga Kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon ditemui radarcirebon.com di Keraton Kasepuhan, Senin (25/7/2022).

BACA JUGA:Komitmen Besarkan Pemuda Pancasila

Kadini mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Keraton Kasepuhan untuk menggelar puncak perayaan Hari Jadi Cirebon ke 653 di Alun-alun Sangkala Buana Kasepuhan Cirebon.

"Alhamdulillah ya tadi saya sudah ketemu ibu Ratu Alexandra dan ini pertemuan yang ketiga kalinya untuk berkoordinasi menggelar acara di Alun-alun Sangkala Buana Kasepuhan ini.  Saya berharap dengan penampilan Seni Nusantara ini kesenian Cirebon  bisa terkenal ke dunia (mancanegara),"katanya.

Sementara itu, Direktur Badan Pengelola Keraton Kasepuhan (BPKK) Cirebon Ratu Raja Alexandra Wuryaningrat ditemui radarcirebon.com di Keraton Kasepuhan menuturkan, Keraton Kasepuhan akan menerjunkan puluhan prajurit untuk mengawal kirab menuju Astana Gunung Jati.

"Hari Jumat tanggal 29 Juli Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon akan mengadakan kirab sejarah dan ziarah ke makam Sunan Gunung Jati. Nah, kirab itu akan dikawal oleh prajurit-prajurit Keraton Kesepuhan sebanyak 50 orang. Dan prajurit Keraton Kasepuhan sudah melakukan latihan untuk acara kirab tersebut,"tuturnya.

BACA JUGA:Bentuk Remaja Sadar Hukum

Selain kirab sejarah dan ziarah, menurut Ratu Raja Alexandra, forkopimda akan melaksanakan salat Ashar berjamaah di Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

"Jumat malam (29/7/2022), panitia Hari Jadi Cirebon ke 653 mengadakan kegiatan pentas seni di Alun-alun Sangkala Buana. Kemudian pada tanggal 30 atau Sabtu malamnya juga ada pentas seni juga, setelah itu Keraton Kasepuhan Cirebon menggelar tradisi wayangan di Alun-alun Sangkala Buana. Tradisi wayangan ini sempat berhenti karena ada pandemi, dan tahun ini kembali digelar di alun-alun sebelumnya selalu di dalam keraton setiap 1 Muharram,"ujarnya.

Masih kata Ratu Raja Alexandra, panitia Hari Jadi Cirebon ke 653 menggelar pentas seni musik kolosal pada tanggal 31 April 2022 atau hari puncak perayaan Hari Jadi Cirebon dengan menghadirkan Charly Setia Band.

"Yang pasti Alun-alun Sangkala Buana Kasepuhan Cirebon itu yang setiap harinya banyak pedagang dan parkir akan kita kosongkan selama 3 hari khusus untuk menyambut acara Hari Jadi Cirebon di Alun-alun Sangkala Buana. Nanti kendaraan tamu VVIP akan parkir di dalam areal Keraton Kasepuhan, sedangkan kendaraan tamu lainnya bisa parkir di sekitar Alun-alun Sangkala Buana,"pungkasnya.

BACA JUGA:Masifkan Sosialisasi Airlangga Hartarto Capres Golkar 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: