Kawal Kualitas Pendidikan, 46 Sekolah Dasar Sudah Siap Terapkan Kurikulum Merdeka

Kawal Kualitas Pendidikan, 46 Sekolah Dasar  Sudah Siap Terapkan Kurikulum Merdeka

BIMTEK: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu menggelar bimtek kurikulum merdeka bagi sekolah dasar, kemarin.--

Radarindramayu.id, INDRAMAYU- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu menggelar bimbingan teknis (bimtek) kurikulum merdeka di Kabupaten Indramayu, Selasa (12/7).

Kegiatan yang dipusatkan di UPTD SDN 1 dan 2 Kepandean Kecamatan Indramayu ini, diikuti kepala sekolah, guru kelas 1 dan guru kelas 4 dari 46 sekolah dasar (SD) yang siap untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka saat memasuki tahun ajaran baru 2022/2023.

Kepala Bidang (Kabid) SD Disdikbud Kabupaten Indramayu Baman SPdSD mengungkapkan untuk di Kabupaten Indramayu secara umum semua sekolah siap untuk menerapkan kurikulum merdeka. Namun, baru 46 sekolah yang paling siap menerapkan di sekolahnya.

“Langkah awal, sesuai sekolah yang mengisi kusioner angket dari Kemendikbudristek yang sangat siap menerapkan kurikulum merdeka yaitu mandiri berubah ada 46 sekolah SD,” ungkapnya.

BACA JUGA:Akhirnya Berakhir Damai, Terkait Kasus Iko Uwais Diduga Lakukan Penganiayaan

Untuk mempersiapkan pengimplementasian di sekolah, lanjut Baman, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan bimbingan teknis kurikulum merdeka untuk 46 sekolah yang diwakili 3 orang setiap sekolahnya kepala sekolah, guru kelas 1 dan guru kelas 4.

“Sebelumnya kita juga ada pelatihan dulu bimbingan teknis tentang kurikulum merdeka yang kita kirim satu pengawas dan satu kepala sekolah. Mereka yang memberikan materi kepada guru dan kepala sekolah, nanti untuk di sekolah yang mulai menerapkan kurikulum merdeka hanya kelas 1 dan kelas 4 saja, sisanya tetap gunakan kurtilas,” ujarnya.

Baman berharap, dengan pengimplementasian kurikulum merdeka pendidikan di Indramayu lebih baik dan maju.

BACA JUGA:Tips Merawat Komponen CVT Matik, Pengguna Motor Matik Wajib Tahu

Selain itu, sambung Baman, para guru dapat mengawal mutu dan kualitas pendidikan di Kabupaten Indramayu lebih bermutu.

“Untuk mewujudkan itu semua perlu adanya kolaborasi yang pentahelik antara pengawas sekolah, kepala sekolah, dan pemangku kebijakan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, menjadikan Indramayu yang bermartabat, dan menciptakan profil pelajar pancasila,” terangnya.

Sementara itu, Pengawas SD, Suherna SPd MSi mengatakan implementasi kurikulum merdeka mengacu pada Permendibudristek Nomor 5 Tahun 2022.

Untuk Kabupaten Indramayu, lanjut Suherna, terdapat 46 sekolah dasar yang sudah siap menerapkan kurikulum merdeka 3 diantaranya dari sekolah swasta.

BACA JUGA:Masih Berlangsung, Buruan Ikut Yamaha Day Photo Competition Dan Bagi Momen Bahagia Kamu !

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: