Terobosan Mahasiswa Polindra Membuat Smart Bimbel untuk Pedesaan

Terobosan Mahasiswa Polindra Membuat Smart Bimbel untuk Pedesaan

INSPIRATIF: Mahasiswa Prodi TI Polindra Riski Ahmad Ilham menunjukkan program micro file smart bimbel berbasis website buatannya di Kampus Polindra, kemarin.--

Radarindramayu.id, INDRAMAYU - Mahasiswa Politeknik Negeri Indramayu (Polindra) melakukan terobosan dalam kegiatan bimbingan belajar (bimbel) untuk anak-anak di pedesaan. Lewat smart bimbel berbasis website, menyajikan bimbingan belajar lebih moderen.

Adalah Riski Ahmad Ilham, mahasiswa semsester II Prodi D3 Teknik Informatikan Polindra yang membuat sistem mikro file smart bimbel berbasis web itu.

Inovasi itu dilakukan Riski setelah melihat perkembangan bimbingan belajar (bimbel) di tingkat pedesaan yang masih jauh dari kata modern, dan masih sulitnya masyarakat di pedesaan memperoleh bimbingan belajar bagi anak-anaknya.

Samart bimbel berbasis web ini, kata Riski, berawal dari pengalaman saudaranya yang membuka bimbingan belajar bagi anak-anak di desanya, namun masih dalam bimbel yang sederhana tapi bisa bersaing dengan bimbel-bimbel yang sudah besar yang sudah menggunakan sistem web.

BACA JUGA:Truk Muatan Kain Terguling di Palimanan

Keinginan yang sangat besar untuk membantu perkembangan bimbel di pedesaan agar lebih maju, membuat dirinya bersama temannya mencoba untuk membuat smart bimbel. Diakuinya, saat beroperasi sempat mengalami kesulitan. Namun, pada akhirnya mampu membuat sistem smart bimbel berbasis web itu. “Kami ingin bimbel-bimbel di pedesaan ini tidak kalah dengan bimbel lainnya yang sudah dikenal dan punya nama besar,” ujarnya. Senin (27/6).

Riski menambahkan, selain informasi soal Bimbel yang disediakan pengelola, pada smart bimbel ini terdapat sejumlah fitur. Lewat fitur ini, para orang tua juga bisa mendaftarkan anaknya yang ingin ikut bimbel secara online.

Orang tua juga bisa mengetahui informasi soal kelas bimbel yang hendak diikuti, dan dapat mengunduh bukti pembayaran dalam web tersebut. Selanjutnya, bukti pembayaran ini akan dikonfirmasi oleh pihak bimbel.

BACA JUGA:Kapolda Jabar Pimpin Ziarah dan Tabur Bunga Dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-76

“Smart bimbel bermanfaat dan berguna juga bagi bimbel-bimbel yang ada di pedesaan sehingga dapat membantu para pengelola bimbel agar tersistem lebih modern, mudah, dan efesien,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Polindra, Emin Haris menyampaikan, berbagai inovasi terus ditekankan pihak kampus kepada para mahasiswa.

Walau masih menempuh jenjang pendidikan, para mahasiswa juga dituntut agar bisa memberikan manfaat lebih kepada masyarakat.

“Salah satunya ya smart bimbel ini, agar bimbel-bimbel yang ada di desa tentunya tidak kalah saing dengan bimbel yang sudah ternama,” ujarnya. (oni)

BACA JUGA:Bertemu Pimpinan MUI, Ma'ruf Amin Dorong MUI untuk Miliki Langkah Strategis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: